06 Februari 2007

Praktik Itu Asyik di SMK TI Airlangga Samarinda

“Belajar praktik itu asyik,” kata Eko Suwandi, siswa kelas 11 SMK Teknologi Informasi (SMK TI) Airlangga di sela pelajaran Animasi Tiga Dimensi. Berikut tulisan dari kunjungan wartawan koran Kaltim Post di sekolah kita.

Dian Dwi Astuti, guru mata pelajaran tersebut mengatakan hal serupa. Wanita berjilbab ini lebih senang mengajar praktik di laboratorium ketimbang teori di kelas. Suasana belajar Rabu (26/7) siang itu, memang menyenangkan. Menggunakan 9 unit komputer, 11 murid kelas 11 itu tampak menikmati kegiatan belajarnya.

Dengan metode praktikum seperti itu, murid bisa langsung mengaplikasikan pengetahuannya. Menurut Dian, murid juga bisa langsung bertanya. Murid juga jadi lebih dekat dengan gurunya.

Waka Kurikulum, Abdul Malik mengatakan, 80 persen pengajaran di SMK TI Airlangga adalah praktik. ”Sisanya baru teori,” katanya.

Untuk diketahui, SMK TI sarat prestasi bahkan hingga tingkat nasional. Di antaranya, juara III Web Design Competition di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XIV di Jakarta, tahun 2006. Sebelumnya, juara 2 lomba serupa pada tahun 2004 dan 2005. “Kami juga mengirim siswa magang ke luar kota. Perusahaan yang jadi tujuan yakni, SIGMA IT di Jakarta dan CED di Bandung. Kami juga bekerja sama dengan Apkomindo (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia),” kata Malik seraya mengungkapkan, sebagian besar alumninya bekerja di perusahaan-perusahaan yang bernaung di Apkomindo. “Seperti di Mitra Media Maya Kaltim (MMMK), perusahaan milik pakar IT Samarinda, Sandjaja Kosasih,” pungkasnya.

Sumber: http://www.kaltimpost.net