04 April 2009

Seleksi Wakil Samarinda ke LKS Kaltim 2009, 2 Siswa Kita Lolos

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK se-Kaltim tahun ini dipastikan tidak akan mendatangkan banyak piala bagi sekolah kita. Kenapa? Karena sistem pertandingannya berubah. Tahun lalu setiap SMK di Kaltim bisa langsung ikut LKS tingkat provinsi, jika menang otomatis mewakili Kaltim ke tingkat nasional. Namun tahun ini mendadak sistem berubah menggunakan sistem perwakilan per kota/kabupaten. Jadi ada seleksi di masing-masing kota/kabupaten untuk menentukan wakilnya ke tingkat provinsi. Masalahnya, Disdik Kota Samarinda tidak siap melakukan seleksi dan akhirnya MKS (Musyawarah Kepala Sekolah) SMK se-Samarinda menetapkan bahwa wakil ditetapkan secara musyawarah diantara sekolah yang memiliki jurusan sesuai bidang lomba. Tahun keemasan LKS untuk SMK TI Airlangga tampaknya harus berakhir tahun ini.

Sekolah kita hanya dapat 1 "jatah" untuk bidang lomba TI yaitu untuk "Web Design" (a.n M. Riski Hajar), sementara bidang lain "Networking" diberikan kepada SMKN 7, "Animasi" ke SMKN 1, IT Application ke SMKN 5. Mudah-mudahan pola ini bisa diperbaiki tahun depan sehingga yang mewakili Kota Samarinda di LKS Kaltim adalah wakil terbaik dan bukan karena "jatah" semata.

Tahun lalu SMK TI Airlangga merebut Juara 1 Provinsi Kaltim untuk Web Design, Animasi dan IT Application dan Juara 2 Networking. Di level nasional, sekolah kita merebut Juara Harapan 2 untuk IT Application.

Pola seleksi ini membuat beberapa siswa terbaik SMK TI Airlangga yang sudah mempersiapkan diri berbulan-bulan untuk ikit LKS jadi "kalah sebelum bertanding". Sayang sekali, namun sebagian besar mereka bisa menerima dan tetap bersemangat.

Untuk bidang lain yaitu Lomba Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris, seleksi wakil LKS Kota Samarinda dilakukan lebih fair.

Untuk Lomba Bahasa Indonesia, seleksi dilakukan di SMK TI Airlangga dengan 6 peserta dari 3 sekolah yaitu SMKN 1, SMKN 4 dan SMK TI Airlangga. Juri adalah kelompok guru Bahasa Indonesia dari ketiga sekolah tersebut. Setelah 2 hari seleksi, ditentukan 2 siswa wakil Kota Samarinda yaitu 1 siswa dari SMKN 1 dan 1 orang dari SMKN 4. Wakil sekolah kita yang baru pertama kali ikut yaitu Raditya dan Eva dari kelas 1 TKJ masih belum berhasil mencetak prestasi terbaik. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik.

Pemilihan wakil LKS bidang Debat bahasa Inggris juga berlangsung fair tapi ketat di SMKN 7. Ada 5 sekolah yang berpartisipasi, yaitu SMKN 1, SMKN 4, SMKN 7, SMK TI Airlangga dan SMK Farmasi. Tim debat SMK TI Airlangga yang terdiri dari Alex, Dinamita, Dhani dan Putri berhasil masuk final berhadapan dengan SMK Farmasi. Namun juara direbut SMK Farmasi yang lebih berpengalaman. SMKN 7 di urutan ke-3 dan SMKN 4 juara ke-4.

Dari hasil seleksi, ditetapkan 4 orang anggota Tim Samarinda yang akan berlaga di LKS Provinsi. Keempat orang ini ditentukan berdasar kemampuan mereka, mereka adalah 1 orang dari SMK TI Airlangga (a.n. Alexander Gozali), 2 orang dari SMK Farmasi dan 1 orang dari SMKN 7.

Masih ada 1 mata lomba IT lagi yang masih mengambang dan belum ditentukan siapa wakilnya oleh Diknas Kaltim, yaitu bidang lomba Grafika. Bidang ini sangat erat kaitannya dengan jurusan Multimedia, namun tidak dipertandingkan di LKS provinsi. SMK TI Airlangga sudah mengajukan diri untuk mewakili Tim Kaltim, namun belum diputuskan oleh panitia provinsi. Kita semua berdo'a agar 1 lagi wakil kita bisa ikut event nasional ini dan mencetak prestasi gemilang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Semoga Tim Samarinda bisa berprestasi baik di LKS Kaltim. Kita doakan bersama. LKS tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Balikpapan akan berlangsung 11-13 April 2009.

Selamat kepada para wakil Samarinda dan jangan lupa untuk bekerja keras mempersiapkan diri menghadapi lomba.