17 Februari 2010

SMK TI Airlangga & Rumah Ilmu Indonesia Siapkan HelpDesk OSS Indonesia Timur


Telah dibuat kesepakatan antara Rumah Ilmu Indonesia dan SMK TI Airlangga, dimana SMK TI Airlangga Samarinda akan menjadi rintisan HelpDesk Open Source untuk Pendidikan untuk wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur.

Beberapa pilot project seperti pembangunan Ubuntu Server Repository berbasis Sekolah, Server Bank Soal Bersama dan SUPERPEDIA akan diujicobakan di SMK TI Airlangga sebelum dikembangkan di sekolah-sekolah lain. Berikut press release selengkapnya dari Rumah Ilmu Indonesia melalui FB note.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, workshop Open Source untuk Pendidikan Kalimantan Timur, 13 - 14 Februari 2010 yang lalu berlangsung meriah. Dengan jumlah peserta yang melebihi kuota, workshop ini merupakan event sosialiasi pertama Open Source untuk Pendidikan di wilayah Kalimantan Timur, khususnya Samarinda.

Berita-berita dalam bentuk foto dan liputan singkat bisa diikuti di website resmi SMK TI Airlangga Samarinda: http://www.smkti.net/2010/02/workshop-open-source-untuk-pendidikan.html

Mengingat workshop ini bukanlah sekedar event insidental, melainkan merupakan langkah awal dari pengembangan konten edukasi berbasis Open Source di jangka panjang, maka malam hari seusai acara telah dibuat kesepakatan antara Rumah Ilmu Indonesia dan SMK TI Airlangga, dimana SMK TI Airlangga Samarinda akan menjadi rintisan HelpDesk Open Source untuk Pendidikan untuk wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur.

Beberapa pilot project seperti pembangunan Ubuntu Server Repository berbasis Sekolah, Server Bank Soal Bersama dan SUPERPEDIA akan diujicobakan di SMK TI Airlangga sebelum dikembangkan di sekolah-sekolah lain.

Tercatat setidaknya ada 6 lembaga di wilayah Kalimantan Timur yang bersedia menjadi pusat pengembangan Open Source Software berikutnya, diantaranya adalah SMP Negeri 1 Samarinda, LPK El Rahma Samarinda dan STIKOM Balikpapan.

Event workshop lanjutan yang akan membahas materi seputar "Pengembangan Server dan Jaringan berbasis Open Source (Ubuntu)" insya Allah akan diadakan pada bulan April 2010 yang akan datang.

Besar harapan kami, bahwa apa yang dilakukan ini bisa menjadi sebuah sumbangan bermakna bagi pengembangan dunia pendidikan nasional. Kecil tapi berkelanjutan.

Dalam waktu dekat, akan segera disiapkan nomor kontak dan informasi lengkap di website www.smkti.net dan www.rumahilmuindonesia.or.id seputar HelpDesk OSS Indonesia Timur di SMK TI Airlangga ini.

Semoga Allah swt memudahkan

Salam,
Yayasan Rumah Ilmu Indonesia
http://www.rumahilmuindonesia.or.id