14 Juli 2012

In Memoriam: Ir. Sandjaja Kosasih, Pejuang IT Kaltim

Keluarga besar SMK TI Airlangga ikut berbela sungkawa atas wafatnya Bp. Ir. Sandjaja Kosasih, pejuang perkembangan IT di Kalimantan Timur, pada tanggal 12 Juli 2012 di Bali (lihat profilnya di LinkedIn). Almarhum telah berjasa sangat besar dalam mengembangkan dunia IT di Kalimantan Timur serta juga berperan besar dalam kemajuan SMK TI Airlangga. Banyak hal yang telah disumbangkan almarhum bagi sekolah kita, baik dalam kapasitasnya sebagai Ketua Apkomindo (Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia) Kaltim maupun sebagai pribadi aktivis IT Kaltim. Beliau dikenal dengan banyak nickname di dunia digital, diantaranya @sandjaja (Twitter), "sanko" dan "kohde". Kita akan bisa menemukan kiprah dan kontribusinya di hampir semua komunitas online di Internet. Sanko adalah pengusaha IT yang sukses, pionir Internet di Kaltim dan Indonesia, kontributor aktif di Wikipedia, blogger aktif di sanko.blogspot.com dan kohde.multiply.com, gamer handal di berbagai permainan offline dan online (seperti di eRepublik), fotografer profesional aktif (lihat salah satu kumpulan fotonya di Panoramio serta foto-foto jepretannya di Fotografer.net), arsitek yang memiliki visi jauh kedepan, serta ayah dari 2 putra.

Sanko akhirnya menyerah setelah berjuang bertahun-tahun melawan penyakit kankernya. Hingga akhir hayatnya almarhum tetap aktif dan penuh semangat menyumbang bagi kemajuan IT, termasuk dalam meneruskan impiannya untuk membuat portal informasi Samarinda di www.samarindacity.com bersama 2 guru SMK TI Airlangga. Semangat dan daya juangnya harus kita tiru. Bersenjata Apple iPad yang dimilikinya, beliau terus berkomunikasi, berinteraksi dan menulis secara online agar bisa bermanfaat bagi orang banyak. Walau sudah tidak bisa berbicara secara langsung karena penyakitnya, namun alumni ITS ini terus "berbicara" secara lancar secara online dan berbuat positif, hingga detik-detik menjelang hembusan terakhir nafasnya... Dia ingin menjadi seseorang yang memiliki manfaat bagi orang lain. Suatu semangat yang tidak akan pernah kita semua lupakan. Baca juga satu bukti ketulusannya membangun IT di Kaltim melalui blog ini. Baca juga nukilan kiprahnya di Ikatan Alumni ITS. Lihat juga beberapa file ybs di SlideShare.


Selamat jalan pak Sanko, semoga semua jasamu akan membuat generasi muda Kaltim semakin maju. Semoga semangat dan kiprah tanpa pamrihmua bisa menjadi inspirasi kita semua. Semoga diberi Tuhan tempat sebaik-baiknya di alam barumu...

Salah satu karya fotografi fenomenal pak Sanko adalah foto seorang gadis asli Dayak Kaltim dengan busana tradisional. Foto ini sungguh indah dan orisinil. Foto ini juga kemudian digunakan oleh banyak pihak baik dengan seizin maupun tanpa izin penjepretnya. Silahkan search Google Image dengan kata kunci "sandjaja kosasih" maka anda akan mendapatkan ratusan foto model wanita hasil jepretannya. Jauh sebelum DSLR menjamur di kalangan anak muda, pak Sanko sudah menekuni hobi ini puluhan tahun yang lalu.