15 Juli 2012

Motivasi Hingga Outbound Bagi Siswa Baru TA. 2012/2013

Publikasi : Kaltim Post hal. 42 (Society), Sabtu 14 Juli 2012
Outbound : Air Terjun Pinang Seribu, 14 Juni 2012




 Lihat Foto-foto lengkap Outbound Siswa Baru 2012 di Facebook SMKTI.

JENIS PERMAINAN OUTBOUND MOS SMK TI Airlangga tahun 2012 di Air Terjun Pinang Seribu tanggal 14 Juli 2012, dan daftar pemenang Outbound.

1. Talang Bola 

 Permainan yang dimaksudkan untuk menggalang kerjasama antar team, ketelitian, kecermatan dan kesabaran. Dalam permainan ini dibagi dua kelompok yang masing – masing berlomba mencapai tujuan yang sama. Makna dari permainan ini, membangun kerjasama team dimana masing-masing anggota team selain mengikuti instruksi pimpinan juga harus mematuhi aturan permainan, agar tujuan dapat dicapai sesuai target. 

2. MOVING CIRCLE 

Setiap kelompok diperintahkan memindahkan lingkaran tali tanpa menggunakan kedua tangan dan harus melewati seluruh badan masing—masing anggota kelompok. Lingkaran tali berpindah dari satu anggota kelompok ke kelompok lain dalam barisan yang memanjang. Makna dari permainan ini, untuk mengajarkan kepada tiap anggota kelompok dan seluruh peserta mengenai pentingnya komunikasi dan kerjasama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau permasalahan. 

3. PICK UP THE BALLS 

Tiap kelompok harus mengutus beberapa anggotanya untuk memindahkan bola—bola sebanyak mungkin dengan menggunakan kedua kaki ke dalam ember yang telah disediakan dengan didukung oleh anggota kelompok yang lain. Para anggota kelompok yang bermain harus masuk di dalam lingkaran tali. Kerja sama dan kepercayaan diperlukan untuk menyelesaikan permainan ini serta motivasi dari para anggota kelompok lainnya yang berada di luar lingkaran tali.

4. ESTAFET BOLA 

Setiap kelompok diperintahkan memindahkan bola dari kaki ke kaki kawan disebelahnya secara estafet tanpa menggunakan tangan dengan membuat baris memanjang. Makna dari permainan ini untuk melatih kerja sama, kecepatan/ketepatan dalam menyelasaikan tugas serta ketelitian dalam bekerja sama. 

5. Titian Kolam 

Permainan ketinggian yang diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri, keseimbangan, emosi, kebugaran dan keyakinan akan tujuan yang dicapai. 

6. Flying Fox 

Diharapkan mampu meningkatkan ke[percayaan diri, keseimbangan, emosi, kebugaran dan kepercayaan pada orang lain. 

7. Game “DOR” 

Permainan yang mengajarkan bahwa kerja sama dan kewaspadaan harus selalu ada ketika bekerja secara tim. Informasi tugas yang didelegasikan ke rekan kerja yang lain harus dilakukan dengan komunikasi yang mudah dipahami oleh rekan kerja tersebut. Pendelegasian yang tiba—tiba dari pimpinan/rekan kerja harus diterima dengan cepat dan tepat serta diselesaikan dengan baik dan benar. 

 8. A – Team 

Permainan untuk membangun kebersamaan. Tujuan ditentukan bersama, dirancang bagaimana mencapainya, lalu dilaksanakan bersama-sama. Maka jadilah team yang solid. 

9. WADING A POOL 

Tiap kelompok diharuskan menyeberangi kolam dengan menggunakan alat bantu berupa rakit yang terbuat dari kayu, bambu, jerigen, dan tali. Permainan yang mengajarkan kerja sama, efisiensi, kreativitas, kewaspadaan, dan kesabaran agar tidak terjadi kecelakaan, terceburnya anggota kelompok ke dalam kolam, ketika menyeberang. 

10. Debriefing 

Disela – sela permainan maupun diakhir permainan, peserta diajak untuk merenungi, mencermati apa yang telah dilakukan selama permainan yang telah dijalani. Kemudian, peserta memdiskusikan apakah ada aplikasi dengan kejadian yang dialami sehari-hari. Hal ini memberikan warna tersendiri dalam diskusi, karena banyak hal yang terjadi dalam permainan adalah merupakan cerminan kepribadian dan sering terjadi dalam kehidupan. Manfaat debriefing, sangat besar dalam rangka evaluasi kembali sikap diri, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup ke depan. 

 Juara-juara kegiatan OUTBOUND MOS SMK TI AIRLANGGA 2012 : 

1. Hiu 
2. Kijang I 
3. Harimau I 
4. Garuda I 
5. Lumba-lumba II 
6. Gajah I 
7. Beruang II 
8. Kijang II 
9. Elang II 
10. Kancil I 
11. Beruang I 
12. Gajah II 
13. Harimau II 
14. Elang I 
15. Kancil II 
16. Garuda II 
17. Pesut