09 November 2015

Pelatihan ERP di TPCC Bandung

Pada hari ini senin 9 Nopember 2015 tengah berlangsung Pelatihan ERP di Telkom Profesional Certification Center (TPCC) Bandung.  Dalam Pelatihan ini Yayasan Airlangga Group mengirimkan 18 peserta dari beberapa unit management dalam lingkup Airlangga Group.  Dari SMK TI Airlangga hadir Bapak Adriyanto dan Bapak Sigit Sigalayan.

Berikut sekilas tentang Pelatihan ERP: Telkom PDC bersama Monsoon group mengadakan ERP Simulation games, yaitu game proses bisnis menggunakan aplikasi SIM Monsoon yang dimainkan oleh 10 tim (3-5orang/tim) dari berbagai universitas di Bandung. Setiap tim memainkan virtual company dengan menamai masing-masing company mereka dan menjadi manager di dalamnya.
Permainan berlangsung selama kurang lebih tiga jam berlangsung sangat seru dan kompetitif. Setiap tim bermain cukup serius tapi fun. Setiap tim memiliki strategi yang berbeda-beda untuk memenangkan kompetisi dan mendapatkan margin yang besar. Simulasi diadakan per sesi, Dalam permainan ini disimulasikan berbagai departemen manajemen, mulai dari financials, logistics, manufacturing, business intelligence, maintenance, warehousing, transportation dan banyak lagi. ERP Simulasi Games dilanjutkan sampai setiap departemen terselesaikan. Games ini bisa di stop kapan pun selama instruktur menjelaskan secara spesifik dan mendalam mengenai pengetahuan dari konsep proses bisnis.

Untuk setiap sesi, Bpk Abdy (Presiden monsoon group) menjelaskan tentang modul di setiap departemen yang isinya adalah strategi dan proses bisnis. Masing - masing tim menjalankan satu perusahaan virtual dengan simulasi produk virtual yaitu Apple Juice, Orange Juice dan Melon Juice. Dengan setting wilayah distribusi di daerah Bandung, Bogor, dan Surabaya. Setiap virtual company dapat bereksperimen dengan menganalisa pengeluaran, perkiraan, dan pendapatan dalam perusahaan mereka.Dengan konsep tersebut maka Tim yang menjual produk dan mendapatkan profit paling besar dialah pemenangnya. Pada akhirnya didapatkan pemenang pertama dengan nama tim "FRI Project" dari Telkom Engineering School
Aplikasi ERP SIM Monsoon diperkenalkan oleh Bpk. Abdy Taminsyah presiden direktur dari Monsoon Group,Training partner SAP di Indonesia, bersama-sama dengan Telkom PDC, yang merupakan Authorized Training Partner dari monsoon group untuk pelatihan SAP e-Academy dan ERP Simulation, memberikan peluang dengan memperkenalkan aplikasi tersebut bagi mahasiswa untuk berlatih bagaimana proses bisnis yang sebenarnya di dunia kerja.