25 April 2017

Hasil SNMPTN 2017 Diumumkan 26 April 2017

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah selesai melakukan proses seleksi. Hasil SNMPTN 2017 akan diumumkan pada 26 April mendatang.  "Pengumuman hasil seleksi pada 26 April 2017," ujar Humas Panitia Penyelenggara SNMPTN, Tunjung W. Sutirta dalam perbincangan, Minggu (23/4/2017).  Pengumuman dapat diakses melalui situs resmi SNMPTN. Berdasarkan jadwal resmi, saat ini proses seleksi SNMPTN sudah selesai dilakukan.

Proses seleksi dilakukan dari 15 Maret 2017 sampai 15 April 2017. Adapun untuk proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi tanggal 16 Mei 2017 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017). Sebelum tahun 2013 jalur ini dikenal sebagai SNMPTN Undangan.

Adapun cara akses pengumuman SNMPTN 2017 pada dasarnya adalah sebagai berikut:
  1. Akses pengumuman SNMPTN 2017 di http://pengumuman.snmptn.ac.id/
  2. Login dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir
  3. Bila berhasil ada 2 kemungkinan yang akan terjadi yakni pertama peserta dinyatak LULUS bila terdapat ucapan selamat dan tanda kelulusan saat login berhasil dilakukan dan yang kedua adalah TIDAK LULUS ditandai dengan ucapan permintaan maaf tanda tidak lulus.

Ketika pengumuman SNMPTN berlangsung, maka peserta SNMPTN secara bersamaan membuka situs resmi pengumuman SNMPTN. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan situs resmi pengumuman SNMPTN menjadi error atau sulit untuk di akses.

Sebagai alternatifnya, maka anda dapat melihat pengumuman SNMPTN melalui laman mirror di 11 PTN yang telah ditunjuk oleh Panitia untuk membantu mengumuman kelulusan hasil SNMPTN.
Dengan adanya bantuan dari 11 PTN tersebut, maka diharapkan peserta SNMPTN dapat melihat pengumuman SNMPTN dengan lancar tanpa mengalami kendala. Berikut daftarnya.  Daftar 11 PTN yang membantu mengumumkan kelulusan hasil SNMPTN :

http://snmptn.unand.ac.id
http://snmptn.unsri.ac.id
http://snmptn.ui.ac.id
http://snmptn.ipb.ac.id
http://snmptn.itb.ac.id
http://snmptn.undip.ac.id
http://snmptn.ugm.ac.id
http://snmptn.its.ac.id
http://snmptn.unair.ac.id
http://snmptn.untan.ac.id
http://snmptn.unhas.ac.id

Silahkan anda kunjungi alamat situs web PTN tersebut. Anda cukup memilih salah satu saja dari beberapa laman situs web tersebut.

Namun terkadang situs pembantu / situs mirror tersebut juga mengalami masalah jika di akses. Maka dari itu anda dapat mencoba beberapa alamat situs di atas yang tentunya bisa di akses.
Mungkin ada yang bertanya "Min, saya dulu waktu mendaftar memilih program studi di UGM, apakah saya harus membuka situs web UGM untuk melihat pengumuman kelulusan SNMPTN saya?
Jawabnya, boleh buka situs web UGM dan juga boleh melihat pengumuman kelulusan anda di stus web lainnya. 

Aplikasi pengumuman di masing-masing situs web tersebut telah di atur secara nasional sehinga pengumuman kelulusan siswa pada program studi di PTN mana pun boleh di cek di situs web manapun juga.

Sebelum anda melihat pengumuman kelulusan SNMPTN di situs-situs tersebut, sebaiknya anda coba terlebih dahulu melihat pengumuman kelulusan hasil SNMPTN di situs resmi SNMPTN di alamat pengumuman.snmptn.ac.id

Apabila memang tetap tidak bisa di akses situs resmi tersebut, maka silahkan untuk mengecek kelulusan SNMPTN di situs alternatif tersebut.  Bagi yang lulus dalam pengumuman, ingat jangan terlena dengan euforia kelulusan itu karena ini masih awal, selanjutnya ada proses registrasi ulang di kampus yang menerima, dengan melengkapi kembali berkas-berkas yang dibutuhkan.

Adapun bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu khawatir. Masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri dari PTN terkait.
SBMPTN ini merupakan seleksi masuk PTN yang selama ini dikenal secafra umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pengumuman SNMPTN 2017, Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. salam sukses selalu untuk kita semua.