07 April 2017

Sosialisasi Pemberian TTD bagi Pelajar Putri SMK TI Airlangga

Foto bersama dengan Tim Penyuluh Puskesmas Segiri Kota Samarinda
Hari ini, Jum'at (07 April 2017).  Seluruh siswa kelas X dan XI SMK TI Airlangga pagi ini mengikuti Sosialisasi Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi para pelajar putri, kegiatan berlangsung di Masjid Al-Kautsar belakang sekoalah. Sosialisasi digelar oleh PUSKESMAS SEGIRI Bidang Kesehatan Keluarga, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Petugas UKS Puskesmas Segiri Samarinda drg. Rika Novalita, pendamping dari sekolah Ibu Titis Adinda W, S.Pd (Guru BK) dan Ibu Chori Masitah, S.PdI. (Guru Agama).

Pelajar putri yang akan mendapat tablet tambah darah adalah para pelajar seluruh tingkatan, mulai kelas 10, 11, dan 12.  Tujuan pemberian TTA ini adalah untuk mencegah dan menanggulangi anemia pada remaja putri yang seringkali terjadi, dan pemberian TTA ini perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk dapat menciptakan SDM yang berkualitas.
“Peningkatan status kesehatan dan gizi para pelajar putri merupakan tanggung-jawab bersama antara sekolah, orangtua/keluarga yang didukungan semua pihak”.  Sisi lainnya, kegiatan inipun untuk mempersiapkan kondisi fisik remaja putri sebelum berkeluarga (hamil) agar pada saatnya menjadi ibu, dia memiliki kesehatan tubuh yanh baik sehingga saat hamil tidak mengalami anemia.

Kegiatan ini sendiri sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, PP No 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi Pada 1000 HPK, Peraturan Bersama Antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan RI, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri RI No 6/X/PB/2014, No 18 Tahun 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, Permenkes No 88 Tahun 2014 tentang Standar Tablet Tambah Darah Bagi Wanita Usia Subur dan Ibu Hamil.

Tujuan yang hendak dicapai dari pemberian tablet tambah darah ini adalah dapat meningkatkan gizi remaja putri agar dapat mencegah stunting dan anemia serta meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh agar dapat menumbuhkan generasi sehat berkualitas dan produktif.