1 2 3 3

09 Agustus 2017

Abdul Gafar Siswa Kelas XI-MM, Usaha Makanan ringan dan Penutup


Nama lengkap Abdul Gafar L.M Kelas XI MM. Jenis usaha yang sedang digeluti Abdul saat ini adalah bisnis di bidang makanan ringan dan penutup. Usaha yang didirikan sejak bulan januari 2017 ini merupakan usaha yang digeluti Abdul bersama kedua orang tuanya.

Abdul dan keluarga tertarik mengembangkan usaha ini karena melihat peluang pasar yang cukup besar dan mengingat  semakin banyaknya inovasi cemilan dan makanan penutup. Jenis makanan penutup yang Abdul pasarkan biasanya berupa buah-buahan, jeli dan mayonise.

Abdul memasarkan bisnis ini melalui media social dan ditawarkan pada orang-orang sekitar.  Keuntungan yang didapat Abdul dan keluarga dari hasil usahanya ini berkisar mencapai Rp. 6.000.000,0,-/bulan, namun biasanya keuntungan yang didapat tidak tetap tergantung banyaknya pesanan yang datang.

Adapun kendala atau tantangan yang biasa dihadapi berupa habisnya stok gas elpiji, minyak dan stock ikan yang sering habis, sedangkan dalam pembuatan salad buahnya sendiri habisnya stock buah dan mayonise di toko atau supermarket. Besarnya persaingan pasar yang juga menjual produk serupa juga menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan usaha di bidang makanan ringan dan penutup ini.