21 November 2017

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI Ke-72

Pagi ini (21 November 2017), bertempat di halaman Gor Stadion Madya Sempaja - Kalimantan Timur, seluruh Guru Kota Samarinda mengikuti Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72. Peserta Upacara yang hadir yaitu Guru dari semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK hingga perwakilan Perguruan Tinggi Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 07.30 Wita - selesai dan dilanjutkan Rembuk Pendidikan di Gedung Education Center Kota Samarinda.

Upacara HGN ini juga dihadiri Kelapa Pemerintahan Provinsi Kaltim, Ketua DPR Kaltim, Sekretaris Daerah, Kepala Lingkungan Kantor Provinsi Kaltim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota dan Provinsi Kaltim, Ketua Umum PGRI Kaltim, Rektor Universitas Mulawarman, Para Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Para Kepala Sekolah serta Bapak/Ibu Guru Kota Samarinda dan sekitarnya.

Pembina Upacara pagi ini adalah Gubernur Kalimantan Timur Bapak. Dr. H. Awang Faroek Ishak. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Guru memiliki peran sangat penting, mulia dan amat strategis, di tangan Gurulah masa depan anak-anak kita dititipkan, oleh kerana itu banggalah kita sebagai Guru. Tidak ada yang bisa sukses tanpa sentuhan Guru, kami atas nama Pemerintah mengucapkan selamat kepada guru sekalian, semoga dengan moment ini dapat memacu semangat Guru untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berkarakter, cerdas, terampil, berkeimanan dan bertaqwa kepada Allah serta memiliki daya saing di Era Global.

Secara pribadi Gubernur Kaltim menaruh harapan kepada Guru yg tersebar di Kaltim atas cita-cita masa depan Kaltim, oleh karena itulah tugas kita ini tidak hanya membangun insftrastruktur tapi juga membangun Sumber Daya Manusia Berkualitas, Berkarakter, Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah serta memiliki daya saing di Era Global.

Selain itu, Gubernur juga mencatat banyak kemajuan yang diperoleh Guru-guru di Kaltim. Hampir semua Kab Kota memiliki prestasi baik. Kami juga terus mengingatkan kepada seluruh pejabat daereah untuk memacu kemajuan pendidikan di Kaltim. Pemerintah harus dapat saling bersinergi, bersama-sama mewujudkan pendidikan yg berkualitas. Masa depan Kaltim terletak pada anak mudanya, kita semua berkeinginan semua pendidik setiap jenjang untuk terus meningkatkan kualitasnya. 

Diakhir sambutan, beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh guru yang penuh dengan tanda jasa. Pesan tersebut berisi:

  • Capailah cita-cita setinggi langit, belajarlah, ciptakan disiplin dan etos kerja, profesioanal dan berkarakter. Sehingga anak kita mampu mencapai tingkat profesional dan berkarakter.
  • Guru harus bisa memanfaat dengan baik pembelajaran dengan teknologi, bisa menggunakan internat untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning), serta memanfaatkan buku elektronik (ebook). 
Maju terus Guru, salam Solidaritas!