15 September 2018

Semarak Muharram 1440 H SMK TI Airlangga Samarinda

Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) merupakan hal yang rutin dilakukan SMK TI Airlangga Samarinda. Hal ini dilakukan untuk membentuk karakter religius siswa. Untuk bulan September ini, SMK TI Airlangga Samarinda menyelenggarakan kegiatan Semarak Muharram dalam rangka menyemarakan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.

Semarak Muharram dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 14 September 2018. Bentuk kegiatan yaitu Tausiyah, Lomba Ranking 1 Agama Islam dan Lomba Kaligrafi. Tempat pelaksanaan kegiatan untuk tausiyah di masjid Al-Kautsar. Sedangkan Lomba Ranking 1 Agama Islam dan Lomba Kaligrafi dilaksanakan di sekolah.

Tema yang diangkat dalam peringatan muharram tahun ini adalah "Semangat Perubahan, Insya Allah berubah lebih baik". Tausiyah kali ini mendatangkan da'i kondang Kalimantan Timur, Ustadz Sani bin Husain, S.Si., M.Pd. Beliau menyampaikan kepada jama'ah taklim untuk melakukan perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Apalagi momen muharram ini, adalah momen kita untuk mengintropeksi diri dalam rangka melihat kekurangan diri sehingga berubah lebih baik. Tausiyah diakhiri dengan kontemplasi bagaimana seharusnya kita berubah, jika kita tidak mau merubah diri karena diri kita maka berusahalah berubah karena orang-orang yang kita cintai seperti kedua otang tua.

Setelah kegiatan tausiyah, dilanjutkan lomba ranking 1 Agama Islam di halaman sekolah. Lomba diikuti seluruh siswa/i muslim dari kelas X hingga kelas XII. Dari lomba ini didapatkan juara 1, 2 dan 3 yang berhasil hingga babak terakhir.

Kegiatan diakhiri dengan lomba kaligrafi yang diikuti oleh seluruh kelas. Pelaksanaan kegiatan di kelas masing-masing dengan didampingi panitia dari Rohis. 

Peringatan Tahun Baru Islam ini juga diramaikan oleh siswa/i yang tergabung dalam kelompok siswa berwirausaha. Mereka memanfaatkan momen muharram dengan mengadakan ekspo makanan untuk dijual kepada civitas akademika sekolah yang mengikuti rangkaian kegiatan muharram.

Dokumentasi :