1 2 3 3

02 Desember 2015

Tim SMK TI Airlangga Memberikan Materi Pembinaan KIM di Kecamatan Sungai Pinang Samarinda

Bapak Sigit Sigalayan Kepsek SMK TI Airlangga dan Ibu Tina Tri Wulansari Staff Pengajar SMK TI Airlangga, lakukan penyuluhan pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial pada Pembinaan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) "Home Industri" Kecamatan Sungai Pinang Samarinda di rumah ibu Ani Gang. PLN Jln. Kemakmuran pada tanggal 1 Desember 2015.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan suatu lembaga layanan Publik yang dibentuk dan dikelola dari,oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya”.
Setiap Kecamatan, Kota dan Kabupaten  perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan Pemerintah atau sebaliknya, sebagai mitra dialog dengan Pemerintah dalam merumuskan kebijakan public, sebagai sarana peningkatan pemberdayaan masyarakat di bidang informasi dan sebagai lembaga atau kelompok.

KIM merupakan revitalisasi dari kelompencapir jaman dulu yang saat ini keberadaannya disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintahan saat ini. Adanya KIM diharapkan berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat. Selain itu menjembatani antara masyarakat dan Pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi.

KIM diarahkan untuk menggunakan teknologi informasi dalam mengakses infrmasi, yang dalam implementasinya akan disesuaikan dengan kemampuan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi atau ketersediaan infrastruktur di lingkungan KIM berada.

Masyarakat membentuk kelompok untuk mengatasi persoalan bersama melalui akses dan pemberdayaan informasi.

KIM dibentuk untuk :
1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
2. Mengenali cara pemecahan masalah.
3. Membuat keputusan bersama.
4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama
5. Mengembangkan jaringan informasi buat memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.