27 Januari 2005

Penunjukan Siswa Kontributor Website Sekolah

Dalam rangka menjadikan website SMK-TI Airlangga menjadi dinamis dan selalu mempunyai isi yang baru dan semakin lengkap, beberapa siswa-siswi SMK-TI Airlangga yang terdiri dari kelas I, II, dan III telah di tunjuk oleh Kepala Sekolah sebagai Kontributor Berita atau Content Contributor. Tugas utama dari tim ini adalah untuk mengisi secara aktif website sekolah sehingga selalu dinamis dan memberikan manfaat untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.

Nama siswa-siswi tersebut adalah Beatrix, Edi, Irma, Lisna, Ninda, Rifka, dan Rusyadi. Tim ini akan mengumpulkan informasi, baik yang berasal dari lingkup seputar sekolah maupun dari luar yang berkaitan dengan TI, kemudian menuangkannya kedalam tulisan yang akan langsung dimasukkan ke sistem aplikasi content management di http://smka-smr.sch.id. Tugas mereka cukup berat karena Kepala Sekolah telah menetapkan target "tiada hari tanpa isi/content baru di website SMK-TI Airlangga". Tim akan mendapatkan akses ke Internet serta dukungan pelatihan singkat dasar penulisan arikel serta dasar HTML.

Idealnya, semua komponen sekolah mulai dari guru, siswa hingga staf administrasi adalah merupakan kontributor aktif dalam sistem sekolah berbasis web ini, namun hal ini belum memungkinkan saat ini karena adanya keterbatasan sarana serta kemampuan SDM. Secara perlahan hal itu akan terus diupayakan terwujud.

Dalam pengembangan lebih lanjut menuju ke sebuah cyber school, diharapkan seluruh materi pelajaran bisa diakses melalui Internet. Kegiatan belajar mengajar pun semaksimal mungkin akan menggunakan media Internet. Masih banyak yang harus dilakukan untuk menuju kesana, namun setiap perjalanan harus dimulai dengan langkah pertama.