04 Februari 2005

Pesan Kepala Sekolah

Akhirnya website sekolah kami ini bisa diwujudkan melalui bantuan dan dukungan berbagai pihak. Web Activity Center ini dicita-citakan bisa menjadi cikal bakal dari mimpi besar kami mewujudkan Cyber School yang benar-benar operasional dan dikembangkan sesuai kebutuhan dunia pendidikan di negeri kita.

Web Activity Center ini akan selalu terus disempurnakan dan dibuat sedinamis mungkin dengan melibatkan semua komponen sekolah dalam pengembangannya termasuk penyediaan materi belajar serta ujian online.

Aplikasi CMS (Content Management System) yang dipakai untuk SMK-TI Airlangga Online ini telah mengalami perubahan beberapa kali dan penyempurnaan disana-sini untuk meningkatkan security serta fasilitasnya. Selama masa uji coba sejak bulan Desember 2004, website ini telah di hack/deface sebanyak 2 kali oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Inilah resikonya menggunakan dan mendukung program open source. Lewat website interaktif ini, seluruh siswa, instruktur dan masyarakat diharapkan dapat berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi info.

Hosting server disediakan secara cuma-cuma oleh pak Mike dari Singcat.com yang sangat concern dengan pengembangan TI di dunia sekolah. CMS serta masukan-masukan mengenai web security banyak diberikan oleh Tim Maxdev.com seperti Sjah dan Pete yang tanpa pamrih memberikan masukan-masukan berharga. Desain web dikerjakan gotong-royong dalam tim yang terdiri dari saya sendiri, Jo, Cyful, Malik, Toex dan desain theme di pertengahan 2007 dikerjakan oleh Dedi Purwanto.

Website ini diarahkan menjadi semacam online community atau masyarakat online dimana semua pihak wajib untuk berkontribusi agar isi website selalu dinamis. Semua orang yang telah mendaftar sebagai user/member akan dapat memasukkan berita. Tentu saja semua harus di moderasi agar jangan sampai berita yang tidak relevan dengan sekolah dimasukkan juga. Namun kemerdekaan berpendapat tetap dikedepankan, jadi jangan kuatir bahwa hanya berita yang menguntungkan sekolah saja yang akan dimuat.

Manfaatkan sebaik-baiknya.

Salam,
kepsek@smka-smr.sch.id
http://adriyanto.or.id

Catatan: Bagi alumni dan siswa yang sedang Prakerin dapat mengikuti perkembangan di sekolah tanpa harus datang langsung secara fisik.