14 Agustus 2005

SMK TI Airlangga Samarinda Memang Layak Diberi Ucapan Selamat!

Berikut tanggapan mengenai sekolah kita yang diberikan oleh salah satu pakar IT dan praktisi IT di salah satu perusahaan multinasional di Kaltim yaitu Bp. Yusuf Wibisono. Dikutip dari blog ybs.

Dalam dunia IT di Kaltim, mungkin saya termasuk dalam kelompok "pengharap". Satu kelompok orang-orang IT yang bisanya hanya berharap dan berharap -tanpa mampu melakukan upaya yang berarti- bahwa suatu saat IT di Kaltim bisa menjadi maju dan dipandang orang dari daerah lain. Sebagai orang yang bisanya berharap, tahun 2005 ini nampaknya saya benar-benar harus bersyukur dengan apa yang telah dicapai Kaltim, terutama oleh SMK TI Airlangga Samarinda.

Setelah menjuarai lomba Promosi Kompetensi Siswa 2005 bidang IT wilayah Kaltim (yang kebetulan saya menjadi salah satu juri), SMK TI Airlangga juga menyabet juara 2 Nasional di Bali. Di lomba yang sama tahun sebelumnya, sekolah ini juga telah menjadi juara 4 nasional. Kaltim juga mendapatkan kebanggaan lain yaitu juara 1 AutoCAD oleh SMKN 1 Balikpapan, juara 1 Pelayaran Nautika oleh SMKN 5 Balikpapan, dan juara Harapan 2 Komputer Animasi oleh SMKN 7 Samarinda.

Dan minggu ini, kebanggaan itu kembali bertambah karena dalam nominasi Bubu Awards 2005, situs SMK TI Airlangga Samarinda terpilih sebagai salah satu finalis untuk kategori pendidikan.

Pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan oleh SMK TI Airlangga Samarinda, benar-benar membuat saya bangga sebagai warga Samarinda. Sambil merenungi kenyataan, bahwa ternyata saya harus menunggu 14 tahun untuk merasakan kebanggaan ini. Tahun 1991, bersama beberapa teman sebenarnya mimpi itu telah dimulai. Dengan kondisi dan fasilitas seadanya, kami memulainya dengan mengajar bahasa pemrograman di beberapa lembaga pendidikan yang mulai tumbuh waktu itu. Tapi mungkin kami bukanlah pejuang yang tangguh untuk mimpi sebesar itu. Tahun 1993 satu per satu dari kami (termasuk saya) lebih memilih untuk masuk ke perusahaan, meskipun tetap mengajar di waktu senggang, yang tentunya dengan porsi yang amat minim. Dan di perusahaan tempat saya bekerja inilah saya berteman baik dengan seseorang, yang akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan untuk melanjutkan S2 di USA, dan sekarang menjadi orang yang berada dibalik kesuksesan SMK TI Airlangga, yaitu pak M. Adriyanto, sang Kepala Sekolah.

Konsep Cyber School yang diusung oleh SMK TI Airlangga, memang layak untuk menjadi contoh sekolah berbasis IT di Samarinda. Sebuah sekolah berbasis IT memang tidak bisa diukur dari menonjolnya angka-angka investasi peralatan komputer, tetapi lebih dari itu adalah kemampuan melakukan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan yang benar-benar berbasis IT dengan mengoptimalkan semua kemampuan yang dimiliki oleh teknologi.

Dengan tulus dan penuh persahabatan, saya mengucapkan selamat untuk SMK TI Airlangga atas semua pencapaiannya. Untuk Pak Kepala Sekolah: sukses Pak, setidaknya seluruh jerih payah, tuangan ide dan pemikiran, telah mulai menampakkan hasilnya. Untuk Dedi Purwanto, anda berhak bangga dengan yang anda capai, tingkatkan terus dan buatlah prestasi yang lebih membanggakan lagi. Pak Abdul Malik, sang pembimbing, yang saya kenal karena bersama Dedi telah mampir ke kantor sebelum ke Bali, selamat Pak. Untuk para pengajar: Pak Anton Rachmadi, Pak Anto dan pengajar-pengajar lain, salam dan sukses selalu!