09 Mei 2006

Pakar ICT Indonesia Onno Purbo Demo VOIP di SMK TI Airlangga Samarinda

Selama sekitar 3 jam sore tadi, 9 Mei 2006, pakar TI Indonesia yang namanya sudah mendunia, Onno Purbo, mampir ke sekolah kami, hal ini sungguh merupakan kebanggaan. Pak Onno melakukan demo setting server VOIP langsung didepan sekitar 40 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan praktisi TI seputar Samarinda. Dengan peralatan yang sederhana, koneksi ke Internet, server berbasis Linux Fedora, berhasil dibuat sebuah sentral telepon VOIP yang canggih. Lihat foto-fotonya disini.


Proyek VOIP Rakyat yang sedang dibangun pak Onno bersama rekan-rekan di ICT Center Jakarta yang bermarkas di SMK Jayawisata, Kalimalang, Jakarta Timur ini bisa dilihat lengkap informasinya di www.voiprakyat.or.id.

Salah satu inspirasi penting yang didapatkan kalangan TI di Samarinda adalah pengalaman dan keberhasilan pak Onno mengembangkan Internet dan TI dengan kekuatan sendiri, tanpa menuntut pihak-pihak lain seperti otoritas pemerintah, otoritas kampus untuk ikut membantu. Mulailah dulu dengan diri sendiri, tunjukkan karya dan prestasi kita, baru orang akan hormat dan menghargai kita.

Disamping itu, seperti juga di tempat-tempat lain, pak Onno menyebarkan ilmunya yang banyak lewat hardisk berisi 20 GB file yang bisa diambil dan dicopy oleh siapapun. Bagi yang berminat untuk mendapatkannya, bawalah hardisk anda ke sekolah kami, hubungi pak Antok Kepala lab. Isinya setelah kami browse, memang luar biasa banyak dan penting sekali. Tidak akan bisa didapatkan secara instan dimanapun.

Berikut foto-foto acara dadakan di SMKTI Airlangga tersebut. Foto-foto lain bisa dilihat di http://kohde.multiply.com (hasil jepretan pak Sandjaja Kosasih dengan Canon D300nya).