28 Juli 2008

Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) SMK XVI 2008 di Makassar

LKS SMK 2008 di Makassar ini, SMK TI Airlangga mengirim 3 wakil yang membela Kalimantan Timur. Namun hanya 1 yang berhasil masuk 5 besar sebagai Juara Harapan 2 yaitu Noor Rahmat dalam kategori lomba IT/Software Application. Berikut beritanya yang dikutip dari Dit. PSMK Diknas.

Lomba Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) XVI 2008 telah dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 28 Juni 2008 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih sebanyak 13 medali emas dari 50 bidang lomba. Sementara peringkat kedua ditempati oleh Provinsi Jawa Timur dengan meraih sebanyak 10 medali emas, sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Provinsi Sulawesi Selatan dengan meraih lima medali emas. Adapun peringkat keempat dan kelima ditempati Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta dengan masing-masing meraih sebanyak empat medali emas.

Penyerahan piala bergilir Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) diserahkan oleh Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas kepada perwakilan juara umum pada Sabtu (28/06/2008) malam di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

LKS SMK diselenggarakan untuk memacu siswa dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Ditargetkan, para siswa dan lulusannya mampu menembus dan berkompetisi pada skala nasional maupun internasional. Dalam jangka pendek, kegiatan ini terbukti berhasil memberikan wahana pada siswa untuk menunjukan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, sedangkan dalam jangka panjang merupakan tahapan penting untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya bagi lulusan SMK. Dalam dimensi masyarakat, kegiatan LKS ini dapat menguatkan kepercayaan terhadap keberadaan dan potensi SMK sebagai institusi pendidikan yang berkualitas untuk menyediakan teknisi tingkat menengah.

Kesuksesan LKS SMK dicermati dari indikator intensitas dunia usaha dan dunia industri yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan LKS dan membanjirnya pengunjung.

Direktur Pembinaan SMK mengatakan, tingkat keterselesaian tugas-tugas dalam LKS SMK ini lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun 2008 di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Beliau mencontohkan, pada lomba pasang keramik, dekorasi dinding, dan lantai sebanyak 90 persen tugas dapat diselesaikan, sedangkan pada penyelenggaraan LKS sebelumnya para peserta hanya mampu menyeleseikan sebanyak 50 persen tugas.

Sementara, menurut pihak industri, pada bidang lomba animasi terjadi lompatan karya yang luar biasa untuk anak SMK. Para siswa tersebut, dapat menganimasi dengan satu kelembutan dan gerakan paralel yang sangat bagus.

Untuk penyelenggaraan LKS SMK XVII 2009 akan diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta. Direncanakan, kegiatan ini akan diselenggarakan pada satu arena yang besar untuk menampung semua cabang lomba.

Sumber:
http://www.ditpsmk.net/?page=news%3BNzcw