25 Mei 2009

Riski Rebut Juara 4 LKS Nasional 2009

Akhirnya wakil Kalimantan Timur di LKS Nasional 2009 di PRJ Jakarta M. Riski Hajar berhasil mempertahankan tradisi juara nasional di LKS bagi SMK TI Airlangga. Riski berhasil merebut Juara 4 bidang lomba Web Design. Rekannya Misdinia belum berhasil merebut gelar juara di bidang lomba Grafika. Riski dibimbing oleh Bp. Isman Mustamin dan Misdinia oleh Bp. Nathal Parlindungan. Direncanakan sore ini pukul 3 sore, rombongan Kaltim bertolak kembali ke kampung halaman. Kami ucapkan selamat atas prestasi tinggi yang konsisten ini. Semoga tahun depan lebih baik lagi. Lihat laporan lengkap dan foto-fotonya disini.



Jejak rekam juara SMK TI Airlangga di LKS Nasional:

2004 Juara 4 bidang lomba Teknologi Informasi
(M. Syaifullah dan Abdul Basir)
2005 Juara 2 bidang lomba Web Design (Dedi Purwanto)
2006 Juara 3 bidang lomba Web Design (Dedi Purwanto)
2008 Juara 5 bidang lomba IT/Software Application (Noor Rahmat)
2009 Juara 4 bidang lomba Web Design (M. Riski Hajar)



Berikut berita LKS tahun ini dari Republika Online

Separuh Peserta LKS SMK Langsung Ditawari Kerja
By Republika Newsroom
Senin, 25 Mei 2009 pukul 16:14:00

JAKARTA - Kabar menggembirakan bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dari 1700 siswa SMK yang mengikuti lomba kompetensi siswa (LKS) SMK XVII di Jakarta, lebih dari separuh langsung mendapat tawaran kerja. Puluhan industri telah berburu tenaga siap pakai pada ajang tersebut. "Mereka menghubungi saya dan meminta agar diizinkan menggunakan siswa peserta LKS," ujar Direktur Pembinaan SMK Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Joko Sutrisno, usai penutupan LKS SMK XVII, Senin (25/5). LKS SMK ditutup secara resmi oleh Mendiknas Bambang Sudibyo.

Menurut Joko, selain berburu tenaga kerja SMK yang siap pakai, sejumlah perusahaan juga berminat untuk menggunakan produk-produk unggulan yang dihasilkan siswa SMK. Hingga hari terakhir tercatat panitia menerima pesanan 1.000 mobil double cabin, 100 set mesin elektrik untuk minyak sawit, dan beberapa peralatan perkebunan dan pertanian seperti traktor. Produk lain yang juga dipesan antara lain sepeda motor, komputer, dan laptop. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Depdiknas Suyanto membenarkan bahwa pesanan bagi siswa dan produk SMK memang banyak. "Tinggal kita siap apa tidak," ujarnya.

Munculnya banyak pesanan produk siswa SMK tersebut, kata Suyanto, menjadi indikasi bahwa kepercayaan masyarakat terhadap SMK semakin meningkat. "Mereka yakin bahwa mutu dan kualitas barang-barang yang dihasilkan siswa SMK sudah bagus," jelasnya. Dalam ajang LKS SMK XVII tersebut, kontingen Jawa Timur meraih juara umum dengan 10 medali emas, 4 medali perak, dan 9 medali perunggu, disusul DKI Jakarta sebagai dengan 10 medali emas, 1 perak dan 8 perunggu, serta juara tiga diraih kontingen Jawa Barat dengan 5 medali emas, 7 perak dan 3 perunggu.

Meski hampir semua kejuaraan diraih oleh propinsi di Pulau Jawa, namun secara individu, juara-juara LKS diperoleh merata dari seluruh perwakilan 33 propinsi. ''Itu artinya bahwa mutu dan kualitas SMK dari hari ke hari semakin beirmbang antara SMK di Jawa dan di luar Pulau Jawa,'' tegas Suyanto. eye/bur

Baca juga:

Tiga Kali Juara Nasional Web Design
Tradisi Prestasi SMK TI Airlangga Samarinda