17 Juli 2009

Fasilitas Komputer dan Jaringan Cyber School

SMK TI Airlangga Samarinda dilengkapi dengan berbagai fasilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran. Seluruh sarana pendukung yang ada saat ini masih jauh dari sempurna. Namun dari segala fasilitas yang sudah dimiliki, kita semua harus semaksimal mungkin memanfaatkannya serta ikut bertanggung jawab memeliharanya. Berikut ini disampaikan ketentuan umum dalam penggunaaan fasilitas komputer dan jaringan di sekolah kita.

Prinsip Dasar

Lab dan Perangkat Komputer yang ada di SMK TI Airlangga ditujukan untuk mendukung proses belajar mengajar seluruh mata diklat terutama mata diklat produktif, kegiatan belajar diluar kelas dan program ekskul. Waka Kurikulum, Ketua Program Keahlian, guru-guru mata diklat dan pembimbing ekskul harus melakukan koordinasi erat dengan Kepala Lab Komputer agar seluruh kebutuhan proses belajar di sekolah dapat didukung maksimal oleh Lab & Perangkat Komputer.

Target: Lab & Perangkat Ready 100% selama masa pembelajaran.

Spesifikasi Lab & Perangkat Komputer

1. Lab 1 Bawah (Internet & Aplikasi)
a. Jumlah PC: 15 unit
b. Spesifikasi: Intel Pentium 4
c. Internet: Ya

2. Lab 2 Bawah (Multimedia)
a. Jumlah PC: 15 unit
b. Spesifikasi: Intel Dual Core, Firewire, DVD R/W (1 unit PC)
c. Internet: Tidak

3. Lab 3 Atas (Internet & Aplikasi)
a. Jumlah PC: 15 unit
b. Spesifikasi: Intel Celeron
c. Internet: Ya

4. Lab 4 Atas (khusus TKJ)
a. Jumlah PC: 10 unit
b. Spesifikasi: Intel Celeron
c. Internet: Tidak

5. Perpustakaan Online
a. Jumlah PC: 2 unit
b. Spesifikasi: Intel Celeron
c. Internet: Ya

6. Laptop/Notebook
a. Jumlah: 2 unit (Toshiba & Lenovo)
b. Spesifikasi: Intel Core 2 Duo, DVD R/W
c. Internet: Ya/WiFi
d. Kegunaan: Pemakaian bebas oleh para pengajar & siswa

7. LCD Projector
a. Jumlah: 3 unit (BenQ, Acer, Sanyo)
b. Spesifikasi: Standard
c. Kelengkapan: 2 unit portable screen
d. Kegunaan: Pemakaian bebas untuk para pengajar dan siswa

8. Kamera Video
a. Jumlah: 2 unit
b. Spesifikasi: 1 Sony Handycam dan 1 Sony MD10000 3CCD
c. Kegunaan: Pemakaian belajar di kelas & ekskul

9. Kamera Foto Digital
a. Jumlah: 1 unit
b. Spesifikasi: Sony Cybershot 7MP
c. Kegunaan: Pemakaian belajar di kelas & ekskul

Cara Pemakaian/Peminjaman

- Seluruh lab dan perangkat komputer dapat dipakai oleh para pengajar dan siswa untuk mendukung proses belajar tanpa dipungut biaya.

- Lab dan Perangkat Komputer berada dalam tanggung jawab Kepala Lab. Para pengajar yang ingin menggunakan dapat menghubungi Kepala Lab dan menjadwalkan pemakaian. Jika ada kerusakan atau system error, segera dilaporkan agar dapat diperbaiki secepatnya.

- Bagi pengajar yang ingin meng-install program aplikasi bagi pelajaran masing-masing, dapat menghubungi Kepala Lab untuk dibantu instalasi di lab yang diperlukan.

- Seluruh lab komputer dilindungi oleh sistem Deep Freeze sehingga siswa tidak dapat menyimpan/save apapun kedalam PC. Siswa disarankan menyimpan semua file mereka dalam portable storage (flashdisk, dll).

- Headset tersedia jika diminta, hubungi Kepala Lab untuk meminjam headset bagi para siswa yang praktek.

- Lab Bebas disediakan sesuai jadwal yang akan ditentukan kemudian. Para pengajar dan siswa dapat menggunakan fasilitas ini sesuai jadwal, ataupun jika dibutuhkan dengan izin Kepala Lab.

- Lab Komputer dibuka sejak 07.15 hingga 21.00 WITA setiap hari sekolah. Hari libur atau hari besar dapat dibuka atas izin Kepala Lab dan dengan syarat ada pengajar yang bertanggungjawab.

- Printer & scanner bisa dibawa ke Lab Komputer bila diperlukan. Hubungi Kepala Lab untuk mengkonsultasikan kebutuhan yang diperlukan.

Jaringan Hotspot Sekolah

- Jaringan hotspot (WiFi) tersedia di seluruh area sekolah secara non-stop 24 jam. Akses menggunakan password yang diganti secara reguler. Mintalah password kepada Kepala Lab.

- Akses Internet sekolah memakai 2 line Internet broadband dari Telkom Speedy yang secara teoritis mampu mencapai kecepatan 2 x 1 Mbps. Namun pada keadaan penggunaan jaringan yang sangat padat, maka kecepatan dapat menurun drastis, hubungi Kepala Lab atau para Asisten Lab jika anda mendapat masalah dengan jaringan Internet.

- Jaringan Hotspot dapat diakses dari laptop dan alat komunikasi lain seperti ponsel yang memiliki fitur WiFi. Hubungi para Asisten Lab untuk mendapatkan setting konfigurasi jaringan sekolah.

Website Resmi Sekolah

- Website resmi sekolah di Internet beralamat di www.smkti.net dan www.smka-smr.sch.id

- Website ini berisi segala informasi tentang/seputar sekolah yang tersedia online.

- Para pengajar dan siswa sangat diharapkan ikut mengisi berita, cerita dan informasi lain di website ini, hubungi Kepala Lab untuk mendapatkan hak akses dan bantuan cara akses dan mengisi informasi.

- Seluruh pengajar dan siswa juga didorong untuk mendaftar di milis SMK TI Airlangga di Googlegroups dan di page Facebook. Ikuti petunjuk/link di situs resmi sekolah.

Cyber Learning System (in progress)

Sekolah menyediakan suatu sistem online terpadu untuk mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Program ini pada tahap awal ditujukan untuk:

- Menyediakan bahan ajar digital bagi siswa yang bisa diakses cepat dan mudah melalui server lokal sekolah

- Mendorong para pengajar untuk memiliki email pribadi dan account Facebook untuk sarana komunikasi. Pengumuman dan informasi dari sekolah ke pengajar dan siswa secara bertahap akan dilakukan secara digital (email, posting Facebook, posting di milis, SMS, dll).

- Mendorong para pengajar untuk mampu mencari, menyediakan dan meng-upload bahan ajar (file apa saja, ebook, PDF, dll) ke server lokal agar bisa diakses oleh seluruh siswa.

- Mendorong para pengajar untuk menyiapkan bahan presentasi di kelas (fokus pada penggunaan Microsoft PowerPoint) dan melakukan presentasi digital dalam kelas (menggunakan LCD projector, laptop/PC)

- Menyediakan forum interaktif untuk berkomunikasi (pengumuman, pengumpulan tugas, diskusi, dll) baik di Internet (seperti milis, forum online, Facebook, dll) maupun server lokal. Lihat info dan link lengkap di website resmi sekolah.

- Memulai secara bertahap pengajaran kelas secara online (seperti pengumpulan tugas, penyelenggaraan ulangan online tanpa kertas, dll) melalui server lokal (menggunakan Moodle).

- Seluruh penyelenggaraan sistem ini, pemeliharaan server lokal, sosialisasi dan pelatihan pengajar & siswa akan ditangani oleh tim yang ditunjuk khusus.

Pengawasan Pemakaian

- Demi keamanan dan kenyamanan semua pihak dalam menggunakan semua fasilitas diatas, mohon keasadaran agar dapat sama-sama memelihara dan menggunakan semua perangkat secara baik dan bertanggungjawab.

- Jika ada penyalahgunaan (seperti akses pornografi melalui Internet) baik oleh siswa maupun para pengajar, mohon dilaporkan ke Kepala Lab untuk diberikan teguran.

Samarinda, 17 Juli 2009