02 Agustus 2009

Launching Mentoring

Assalamu`alaikum wr.wb

Wahai remaja Islam, menurut kalian seperti apa sih seharusnya remaja muslim yang baik itu ??? Apa remaja yang kerjanya beribadah doang, ketika orang pada ngomongin perkembangan dunia nda bisa ngikutin alias tulalit macem hp yang lemah sinyal ? Kalo yang begini nih namanya GAPTEK (Gagap Teknologi).

Lalu apakah remaja yang baik itu adalah remaja yang selalu mengikuti perkembangan jaman (mode) atau isu internasional ? Contohnya kalau David Beckham “negakin” rambutnya trus semua pelajar pria pada “berdiri” semua mahkotanya? Atau ketika Britney spears pakai baju “setengah tiang” kita semua ramai-ramai mengikuti gayanya ? Kalau yang begini sih malahan lebih “udik” alias ”katro” daripada yang GAPTEK, soalnya ini biasa disebut Gagap Kepribadian. Parah kan…



Nah untuk menjadi remaja muslim yang “smart” kalian harus mampu memilah dan memilih kegiatan yang produktif sekaligus bermanfaat bukan hanya untuk dirimu melainkan untuk sebanyak-banyak umat ... karena orang besar adalah orang yang hidup untuk kebaikan orang lain, sebaliknya orang yang “kerdil” adalah orang yang hidup hanya untuk kepentingan dan kebahagiaan dirinya. Inilah ciri khas dakwah yang diwajibkan oleh Allah SWT kepada kita manusia khususnya umat Islam.

Allah SWT berfirman dalam QS.Ali Imran ayat 110 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah”… Mungkin kalian sedikit bertanya-tanya bukankah ini kerjaan orang tua, para ustad, kyai atau yang semacamnya ? Jawabannya TIDAK. Dakwah adalah tugas semua golongan, kaya-miskin, tua-muda, penguasa atau rakyat.

Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa Rasulullah SAW sangat membanggakan para pemuda : “ Saya wasiatkan para pemuda kepadamu dengan baik, Sebab mereka berhati halus. Ketika Allah mengutus diriku untuk menyampaikan agama yang bijak ini, maka kaum mudalah yang pertama-tama menyambut saya, sedang kaum tuanya menentangnya.

Kita lihat yuk sebagian pemuda yang dibina Rasulullah SAW, Produk Pemuda binaan Rasulullah :

1). Ali bin abi Thalib dibina sejak 8 tahun
2). Zubair bin Awwam 8 tahun
3). Arqam bin Abi Arqom 16 tahun
4). Ja`far bin Abi Thalib 8 tahun
5). Saad bib Abi Waqqas 17 tahun
6). Ustman bin Affan 17 tahun
7). Usamah bin Zaid 18 tahun
8). Shahih Ar Rumy 19 tahun
9). Zaid bin Haritsah 20 tahun

Nah, mulai sekarang jangan sampai kalian merasa asing dengan kegiatan dakwah ya, yaitu menyeru, mengajak orang lain ke jalan Allah. Agar semua gerak dan tindakan kalian memiliki makna, bahkan perkataan kalian menjadi perkataan yang paling baik disisi Allah diantara biliun-biliun kata yang telah kalian ucapkan semenjak bisa berbicara di dunia ini. Dalam Qur`an Surah Fushshilat ayat 33 disebutkan “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata : "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?"

Nah, untuk mempermudah kalian bergabung dalam kegiatan dakwah ini, sekolah kita telah mengadakan berbagai kegiatan dakwah salah satunya adalah kegiatan Mentoring Agama Islam yang Insya Allah kita laksanakan sekali dalam sepekan setiap hari Sabtu. Ini adalah sebuah kegiatan yang luar biasa dimana kalian bisa memperoleh tambahan wawasan dan pengetahuan, sharing dengan para Mentor atas permasalahan yang kalian hadapi, bahkan kalian diharapkan mampu mengambil peran sebagai Mentor dimasa-masa yang akan datang ..... (Disampaikan oleh : Uzd. Nanang Supratman, Spdi dalam pembukaan Launching Mentoring Agama Islam, 1 Agustus 2009).