26 April 2010

Adi Saputra Juara 1 LKS Propinsi 2010 Bidang Lomba IT/Software Application

SMK TI Airlangga Samarinda berhasil mempertahankan tradisi meraih juara LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK se-Kaltim setiap tahun sejak tahun 2003 saat bidang lomba TI dipertandingkan. Tahun 2010 ini, walau menurun jumlah juara yang direbut, namun 1 wakil sekolah kita yaitu Adi Saputra akan bertarung di LKS Nasional di Jakarta tanggal 17-20 Mei 2010. Guru pembimbing adalah Ibu Tina Triwulansari S.Kom. Wakillain dari sekolah kita dalamLKS ini adalah M. Sandi Shuhada di bidang lomba Network Support, namun belum masuk 3 besar karena adanya perubahan mendadak distro yang dipakai dari Debian menjadi Ubuntu. Bagi Adi dan Bu Tina, semoga sukses di Jakarta.




Hasil LKS Kalimantan Timur 2010
Bidang TI

Web Design
1. Kota Samarinda (SMKN 7 Samarinda)
2. Kutai Timur (SMK Muhammadiyah Sangatta)
3. Kabupaten Bulungan (SMKN 1 Tanjung Selor)

IT/Software Application
1. Kota Samarinda (SMK TI Airlangga Samarinda)
2. Kota Balikpapan (SMKN 1 Balikpapan)
3. Kabupaten Kutai Timur (SMK Muhammadiyah Sangatta)

Animation
1. Kota Balikpapan
2. Kabupaten Bulungan (SMKN 1 Tanjung Selor)
3. Kabupaten Kutai Kartanegara/Tenggarong

Network Support
1. Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)
2. Kabupaten Pasir/Tanah Grogot
3. Kabupaten Kutai Kartanegara (SMK Bhakti Loa Janan)

Berikut berita dari koran Samarinda Pos:

Sabtu, 24 April 2010
Hari ini, LKS SMK Kaltim Dibuka
Diikuti 165 Peserta, dengan 19 Bidang Lomba

http://www.sapos.co.id/berita/index.asp?IDKategori=293&id=6656

EVEN akbar pelajar SMK se-Kalimantan Timur dimulai. Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK Tingkat Propinsi Kaltim XVIII rangkaian dari Education Expo Kaltim garapan Dinas Pendidikan Kaltim, akan dibuka di Stadion Madya Sempaja, Sabtu (24/4) hari ini.

"LKS ini diikuti 165 pelajar SMK se-Kaltim dengan 19 bidang lomba. Pelaksanaan lomba dilaksanakan di Politeknik Negeri Samarinda dan SMKN 3," ungkap Plt Kepala Disdik Kaltim, Rustinah Rasyid, didampingi Suparman, Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Disdik Kaltim.

Menurut Suparman, juara LKS Kaltim ini akan dikirim ke tingkat nasional. Dari 50 bidang lomba di tingkat nasional, Kaltim hanya mengirimkan 39. Sementara sisanya, tidak terdapat program keahlian di Kaltim.

"Dari 39 bidang lomba yang akan kita kirim ke tingkat nasional, memang hanya 19 bidang yang kita lombakan. Karena, dari beberapa bidang lomba hanya ada di beberapa sekolah," jelas Suparman.

Contohnya untuk Program Keahlian Keramik, hanya dimiliki dua sekolah di Kaltim. Yaitu SMK Negeri 2 Tenggarong dan SMK Negeri 11 Samarinda.

"Ada yang kita lakukan seleksi saja, ada juga yang langsung kita tunjuk. Karena, kalau harus dilombakan semua akan memakan biaya yang besar. Contohnya lomba bidang Kimia Industri, hanya ada satu sekolah di Kaltim yang memiliki program ini sehingga pelajar terbaiknya langsung kita tunjuk untuk ikut lomba," tambah Suparman.

Kemampuan pelajar Kaltim dalam even LKS di tingkat nasional ini cukup membanggakan. Terbukti, pada 2009 lalu, beberapa pelajar Kaltim meraih juara di tingkat nasional. salah satunya Toni Iskandar yang meraih Juara 1 Olimpiade Sains Terapan Fisika.

Selain itu Kaltim juga meraih Juara 2 Bidang Kewirausahaan dan Juara 2 Bidang Keramik yang diraih pelajar dari SMKN 2 Tenggarong. Melalui LKS SMK ini diharapkan membangun semangat kebersamaan untuk membentuk jiwa kewirausahaan yang mandiri, produktif, inovatif dan kompetitif.

Lomba ini akan menjadi barometer kemajuan SMK di Kaltim yang diharapkan agar kualitas pendidikan SMK semakin maju. Untuk membuktikan keahlian kompetensi pelajar SMK pada dunia usaha dan industri.

Sementara itu, LKS ini merupakan rangkaian dari Expo Pendidikan yang digelar Disdik Kaltim. Bersamaan dengan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD-SMA Kaltim, pekan Olahraga Guru TK-SMA Kaltim dan Festival dan Lomba Senin Siswa Nasional. (ici)