16 Mei 2010

Siap-Siap Ikuti Kompetisi TI Nasional INAICTA 2010

Penggiat TI Indonesia yang merasa punya kreativitas untuk beradu di ajang nasional, dan bahkan internasional, sudah saatnya untuk bersiap. Pembukaan kompetisi TI nasional akan dilakukan bulan April 2010 ini. Ya, kompetisi yang dimaksud adalah Indonesian ICT Awards (Inaicta) 2010. Pendaftaran ajang tahunan yang mengadu kemampuan para penggiat IT di Indonesia ini akan mulai dibuka pada 20 April 2010. Terdapat dua kelas besar yang akan diperlombakan dalam Inaicta 2010. Kelas pertama adalah Profesional dan kelas yang kedua adalah Student alias mahasiswa dan pelajar. Info lengkap langsung ke www.inaicta.web.id.

Selain kompetisi, Inaicta 2010 juga akan menggelar Konferensi, Workshop serta Pameran. Kegiatan itu akan dilakukan di Jakarta pada 23-24 Juli 2010.

Untuk kelas profesional, berikut adalah kategorinya:

* e-Government
* e-Business for SMEs
* e-Learning
* Digital Animation
* Digital Interactive Media
* Computer Generated Imagery (2D/3D
* Tools and Infrastructures
* Research and Development
* Open Source Aplication
* Digital Music
* Mobile Application

Sedangkan untuk kelas Student adalah:

* Student Project (SD, SMP, SMA/SMK, PT).
* Creative Robot dengan tema 'Robot ramah lingkungan, dengan bahan daur ulang'.
* Robot Maze Solving (SD, SMP, SMA/SMK)

Student Project

Karya inovasi berupa karya asli dari siswa atau mahasiswa; bukan merupakan hasil karya dari guru atau pembimbing. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat mengakibatkan peserta didiskualifikasi. Kategori ini dibuka untuk pelajar/mahasiswa dari tingkat:

SD
SMP
SMA/ SMK
Perguruan Tinggi

Obstacle Robot

Kemampuan Rancang bangun robot dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau menggunakan “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat program pengendalian robot sendiri dengan strategi yang direncanakan.Tujuan kategori ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk mencapai tujuan akhir dalam arena lomba yang berisi rintangan-rintangan yang telah disediakan serta mengambil “tokens”dan memasukkannya kedalam wadah tertentu, dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Tim harus membawa robot yang sudah terakit dengan baik, dan membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot, melewati rintangan dan penghalang dalam arena dalam batas waktu yang telah ditentukan. setelah itu robot akan dilombakan dalam arena yang telah ditentukan. Kategori ini dibuka untuk tingkat:

SD
SMP
SMA / SMK

Maze Solving Robot

Kemampuan Rancang bangun robot dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak sebagai penerapan TIK dengan menggunakan komponen robot buatan sendiri dan/atau menggunakan “robot-kit” yang telah ada dipasaran, serta membuat program pengendalian robot sendiri dengan strategi yang direncanakan.

Tujuan kategori ini adalah membuat robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk mencapai tujuan akhir dalam arena lomba dengan mengikuti garis-jalur panduan yang telah disediakan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Pola jalur lintasan akan ditentukan pada hari pelaksanaan lomba.

Tim harus dapat merakit robot nya, membuat program pengendalian robot serta mencoba mobilitas robot, melalui jalur yang telah ditentukan dalam arena, dalam batas waktu yang telah ditentukan. setelah itu robot akan dilombakan dalam arena yang telah ditentukan. Kategori ini dibuka untuk tingkat:

SD
SMP
SMA / SMK