04 Mei 2008

Spektakuler, 3 Emas & 1 Perak di LKS SMK Kaltim 2008

Dari 4 kategori lomba teknologi informasi di LKS SMK Kaltim 2008, SMK TI Airlangga mengirimkan 4 siswa unggulannya untuk bertanding di ajang paling bergengsi kompetisi ketrampilan siswa SMK se-Kaltim di Balikpapan 1-4 Mei 2008 ini. Hasilnya luar biasa, nyaris sempurna, 3 emas dan 1 perak. Tiga emas disumbangkan bidang Web Design oleh M. Riski Hajar, Animation oleh Danny Indra Permana, IT/Software Application oleh Noor Rahmat serta 1 perak diraih di lomba Network Support atas nama Nuhajat. Berita ini diturunkan langsung dari arena lomba di Dome Balikpapan. Selamat dan kami semua bangga atas prestasi hebat ini...

Hasil tahun 2008 ini merupakan peningkatan pesat dari hasil tahun 2007 di Samarinda ketika SMK TI Airlangga Samarinda meraih 1 emas dan 2 perak dari 3 bidang lomba yang diikuti. Tahun 2008 terdapat penambahan 1 bidang lomba baru yaitu IT/Software Application yang merupakan lomba ketrampilan aplikasi Office tingkat lanjut yang terdiri dari word processing, spreadsheet, database serta presentation.

Pemenang lomba akan berangkat ke Makassar untuk mengikuti LKS SMK tingkat nasional pada tanggal 23-28 Juni 2008. Tahun 2004 di ajang LKS nasional di Semarang, SMK TI Airlangga meraih juara 4 untuk kategori lomba IT. Kemudian tahun 2005 di Denpasar mendapat medali perak di kategori lomba IT/Web Design. Tahun 2006 Jakarta medali perunggu bidang Web Design. Tahun 2007, di Bandung wakil kita di tingkat nasional gagal mempersembahkan gelar.

Kita semua berdoa agar tahun ini bisa menjadi tahun keberhasilan siswa kita di tingkat provinsi Kaltim serta juga di level nasional di Makassar.

Selama lomba di Balikpapan, tim didampingi oleh 3 guru pembimbing yaitu Bp. Abdul Malik, Bp. Isman Mustamin serta Bp. Nathal Parlindungan. Tim inti juga didukung oleh 8 siswa kelas 1 yang merupakan siswa-siswa pilihan yang diproyeksikan untuk menggantikan kakak-kakak kelasnya yang ikut tahun ini dan tahun depan akan naik ke kelas 3 dan tidak ikut lagi di ajang LKS.

Berikut hasil lengkap bidang lomba IT di LKS SMK Kaltim 2008:

Web Design
1. M. Riski Hajar, SMK TI Airlangga Samarinda
2. Friandy Dwi Noviandha, SMKN 7 Samarinda
3. Imam Kalijaga, SMKN 1 Balikpapan

Animation
1. Danny Indra Permana, SMK TI Airlangga Samarinda
2. Imam Mulyadi, SMKN 1 Balikpapan
3. Ervin Jupri, SMKN 1 Samarinda

IT/Software Application
1. Noor Rahmat, SMK TI Airlangga Samarinda
2. Ongki Wibowo, SMKN 1 Balikpapan
3. Ahmad Rizki, SMKN 7 Samarinda

Network Support
1. Putra Adi W, SMKN 7 Samarinda
2. Nuhajat, SMK TI Airlangga Samarinda
3. Kalung Sesnia, SMKN 1 Balikpapan

Kontingen Samarinda merebut Juara 2 dengan memperoleh 6 medali emas, 9 perak dan 7 perunggu. Sementara Balikpapan menjadi Juara Umum dengan jumlah 12 medali emas, 6 perak, 3 perunggu. Juara 3 Tarakan dengan 2 perak, 1 perunggu.

Data lengkap bidang lomba lain bisa dilihat di http://lkskaltim2008.net/. Untuk LKS tingkat nasional di Makassar bisa dilihat di http://www.dikmenjursulsel.com/.

Adapun para siswa pandamping dari kelas 1 yang diproyeksikan untuk mampu meneruskan prestasi seniornya adalah sebagai berikut:

Web Design
1. Nurhidayat
2. David Gunawan

Animation
1. M. Rifqi Oktachandra
2. Barkati
3. Nurul Muhlisa

Network Support
1. M. Shandy Shuhada
2. M. Rahmansyah

IT/Software Application
1. Rizky Fauzian Noor
2. Kania Anisa Pertiwi
3. Misdinia

Juga baca ulasan di blog Kepsek berjudul "Prestasi SMK TI Airlangga Samarinda" di http://madriyanto.blogspot.com/2008/05/tradisi-prestasi-smk-ti-airlangga.html

Baca juga tulisan serba-serbi lomba yang ditulis Bp. Abdul Malik di http://maliksite.blogspot.com/2008/05/lks-kaltim-2008-sebuah-ajang-yang.html

Lihat foto-foto lain di Balikpapan ketika lomba berlangsung di blog Bp. Sigit Sigalayan http://sigalayan.blogspot.com/

Sebagai informasi, LKS adalah ajang kompetisi antar siswa SMK. Kalau siswa SMA, secara umum memiliki ajang kompetisi sendiri yaitu Olimpiade Matematika, Sains, Komputer, dll. Wadah kompetisi SMK dan SMA ini diselenggarakan Depdiknas dengan seleksi mulai dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, kemudian tingkat dunia. LKS SMK akan maju ke tingkat dunia di ajang Worldskills (lihat di worldskills.org) 2 tahun sekali, serta disela-selanya ada ajang ASEAN Worldskills.

Lihat juga foto-foto tim kita selama di Balikpapan...