06 Juli 2010

Guru Kita Ikut Workshop ALCoB & AIV 2010

Guru kita ibu Tina Triwulansari, S.Kom saat ini sedang mengikuti kegiatan WORKSHOP APEC LEARNING COMMUNITY BUILDERS (ALCoB) dan INTERNET VOLUNTEER (AIV) 2010 di kota Palembang. Program ini diikuti oleh para guru dari seluruh pelosok Indonesia langsung dibimbing oleh para instruktur dari Korea Selatan. Kegiatan workshop dilaksanakan pada Senin–Jum’at 5–9 Juli 2010 di Hotel Aryadutha, Palembang, Sumatera Selatan. Dari Kalimantan Timur ikut serta 2 guru dari Balikpapan dan Samarinda. Kita berharap bahwa ilmu yang didapat dari kegiatan ini bisa disebarkan di sekolah kita serta juga bermanfaat bagi Kaltim secara umum. Berikut foto yang dikirim langsung oleh ibu Tina dari lokasi training.

Update: Ibu Tina dan kelompoknya berhasil menjadi tim terbaik dalam pembuatan materi belajar menggunakan aplikasi Lecture Maker. Selamat...



APEC Learning Community Builders (ALCoB) merupakan program yang diprakarsai oleh Korea Selatan, yang berawal dari adanya kesenjangan digital (digital divide) di bidang pendidikan antara negara maju dan sedang berkembang dan belum berkembang di wilayah Asia Pasifik. Untuk mengurangi kesenjangan tersebut, Pemerintah Korea Selatan mengajukan collaborative project ALCoB dengan beberapa negara di wilayah Asia Pasifik, antara lain China, Indonesia, Philippines, dan Thailand.



Perkembangan ALCoB di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lainnya yang menjadi pilot project tersebut di atas dapat dikatakan lebih aktif, karena melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemendiknas) ALCoB disosialisasikan dan dikembangkan terus ke berbagai kabupaten/kota. Memperhatikan minat, antusiasme dan partisipasi aktif guru-guru Indonesia di forum ALCoB dalam pengembangan diri lingkup nasional maupun forum internasional, khususnya forum APEC-HRD Working Group, Pemerintah Korea Selatan tiap tahun menyelenggarakan Workshop APEC Internet Volunteer (AIV) di Indonesia. Penyelenggaraan Workshop AIV di Indonesia dari tahun ke tahun diupayakan berbeda tempatnya, dengan tujuan untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia di berbagai daerah. Sejak tahun 2003, penyelenggaraan AIV dilakukan di tempat yang berbeda secara bergilir di wilayah ALCoB Indonesia. Pada tahun 2003 di Yogyakarta, tahun 2004 di Bandung, tahun 2005 di Jakarta, sedangkan untuk tahun 2006 ditunda pelaksanaannya pada Januari 2007 di Malang, dan untuk mewujudkan pelaksanaan tahun 2007 dilaksanakan di Denpasar pada Desember 2007, tahun 2008 di Balikpapan, serta tahun 2009 di Bukittinggi. Tahun 2010 adalah peringatan Satu Dasa Warsa AIV di Indonesia, yang menunjukkan prestasi Indonesia dapat mempertahankan dan memelihara program ini secara berkesinambungan.

Melalui AIV 2010 diharapkan:
1. Para peserta dapat membangun dan mengembangkan forum pertukaran informasi, pengetahuan, pengalaman dan keterampilan di bidang pendidikan melalui cyber media (Internet), serta saling memelihara dan membina network yang telah terbentuk dan terjalin.
2. Para peserta dapat meningkatkan dan mengembangkan potensinya di bidang ICT, khususnya multimedia yang diintegrasikan dalam pembelajaran di kelas.
3. Para peserta mau dan mampu mengembangkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan informasi yang diperoleh dari workshop ini kepada komunitas di sekolah masing-masing maupun dalam lingkup yang lebih luas.
4. Para peserta dapat memperoleh ilmu dan pengalaman baru dari para instruktur yang berasal dari Korea Selatan.