04 Maret 2013

Earth Hours Samarinda Berkunjung ke SMK TI Airlangga Samarinda

 Ada yang berbeda dengan Ta'lim minggu ini. Sabtu, 2 Maret 2013, SMK TI Airlangga kedatangan volunteer dari Earth Hours Samarinda untuk mensosiali-sasikan mengenai program kerjanya. Kegiatan ini dilakukan di Mesjid Al-Kautsar, mengambil waktu Ta'lim mingguan SMKTI dengan dasar pemikiran bahwa menjaga lingkungan dan dunia adalah kewajiban seluruh manusia dan generasi muda adalah sasaran utamanya.

EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya. Dan Samarinda termasuk dari 32 kota di Indonesia yang ikut menyelenggarakannya.

Dijelaskan oleh Sdr. Tino Tindangen serta Emma Elhandari selaku pemateri pada kegiatan tersebut, bahwa Earth Hour ini banyak sekali manfaatnya bagi dunia. Karena kandungan Oksigen yang menipis dan CO2 yang meningkat, diperlukan tindakan nyata untuk penanggulangannya. Selain itu, Kakak-kakak EH Samarinda juga menjelaskan tentang 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse yang berarti menggunakan kembali, Reduce yang berarti mengurangi, serta Recycle yang bermakna mendaur ulang. Semua dapat dilakukan untuk menanggulangi dan mengurangi sampah di bumi, Terutama sampah plastik yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai.

Earth Hour akan diadakan serentak tahun ini di seluruh dunia pada tanggal 23 Maret 2013. Dan untuk di Samarinda sendiri, akan diadakan kegiatan di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur yang akan dihadiri oleh banyak komunitas di Samarinda. Kegiatannya adalah mematikan listrik di beberapa titik di Samarinda.

Untuk itu, jika siswa/i SMK TI Airlangga ingin berpartisipasi menjaga Bumi, bisa ikut mematikan minimal 2 buah lampu yang tidak terpakai di rumahnya masing-masing mulai 20.30 - 21.30 waktu setempat. Dan perlu diketahui, "Setelah Satu Jam, Jadikan Gaya Hidup" adalah slogan EH Samarinda untuk tahun ini. Dengan makna "Setelah mematikan lampu di waktu tersebut selama satu jam, selanjutnya jadikan gaya hidup hemat dengan salah satu caranya adalah hemat listrik, hemat air bersih, mengurangi sampah plastik, menolak styrofoam, bersepeda, dan lain-lain". Mari memulai aksi dan kemudian bangga mengatakan "ini aksiku, mana aksimu?".

Dokumentasi kegiatan ini dapat dilihat di FB Page SMK TI Airlangga Samarinda