01 Maret 2013

Jelang Peringatan Earth Hour 2013 Di SMK TI Airlangga

Oky, Dewi, Isti, Tisya
 Apa itu EARTH HOUR ?

EARTH HOUR adalah salah satu kampanye WWF, organisasi konservasi terbesar di dunia, yang berupa inisiatif global untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam, pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.  Berikut komentar dari wakil staf pengajar dan siswa SMK TI Airlangga tentang peringatan Earth Hour di SMK TI Airlangga Sabtu 2 Maret 2013  :


Firmansyah (Waka Kesiswaan)  :

ketidakpastian kondisi iklim dunia saat ini adalah implikasi dari gaya hidup manusia yang menggunakan energi semaunya. contoh: pembangkit listrik mayoritas berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang mengeluarkan gas rumah kaca berupa karbon dioksida (CO2), dan TERBUKTI berakibat langsung terhadap kenaikan dramatis suhu rata-rata Bumi. inilah yang disebut dengan pemanasan global. Ini menyebabkan naiknya permukaan air laut, kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim, dan potensi kepunahan yang besar terhadap keanekaragaman hayati, terutama yang hidup di suhu tropis, baik di pesisir maupun yang tinggal di dekat hutan. Dampak pemanasan global ini sudah dipastikan akan mempengaruhi lingkungan hidup yang menjadi tempat hidup kita.

Solusinya adalah lakukan satu tindakan sederhana dengan mengurangi penggunaan energi (listrik & minyak bumi).Matikan listrik yang tidak perlu, kurangi perjalanan yang menggunakan kendaraan bermotor yang tidak jelas tujuanya. inilah tindakan lokal untuk hasil global. Ini aksiku, mana aksimu?

Oky Janwardana (Kelas 3-TKJ1)  :
Melakukan aksi positif untuk keberlangsungan kehidupan di bumi? Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?

Dewi Ratna Wati (Kelas 3-MM2) :

untuk apa membeli minumanan botol selagi kita masih bisa membawa botol sendiri yang lebih sehat. Untuk apa membuang uang selagi kita masih bisa berhemat dan tidak merusak. Ayo kita lakukan aksi untuk membuat bumi ini tersenyum :)

Tisya Pebriyanti (Kelas 3-RPL1) :
kalau gak dari sekarang kapan lagi? save your earth guys

Istiqomah (Kelas 3-MM1) :
Mengaplikasikan Earth Hour di lingkungan SMKTI Airlangga, sepertinya menarik. Apalagi kalau kita bisa memberikan contoh yang baik bagi lingkungan sekitar.