18 September 2013

Siswa Kelas 2 RPL Studi Lapang di "Perpustakaan Daerah Propinsi Kalimantan Timur"


Hari ini Siswa SMK TI Airlangga Kelas 2 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) melaksanakan Kegiatan Belajarnya di Perpustakaan Daerah Propinsi Kalimantan Timur.  Kegiatan belajar di luar sekolah ini merupakan studi lapang dari bagian proses belajar tidak terstruktur untuk memberikan materi pengayaan mata pelajaran pemrograman. 

Siswa yang hadir sebanyak 26 orang dan didampingi oleh Bpk. Muhammad Yani, S.Kom Selaku Guru Produktif bidang Pemrograman. Selain belajar siswa juga melihat langsung Proses Implementasi Teknologi Informasi yang digunakan sebagai fasilitas pelayanan Perpustakaan.

Di Perpustakaan Siswa diberikan tugas untuk mencari berbagai referensi bahasa pemrograman dari buku-buku, kemudian siswa juga diajak langsung untuk melihat proses yang berjalan dari sistem perpustakaan. Teknologi yang digunakan juga sangat berhubungan dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak(RPL), Seperti Pembuatan Member(kartu Anggota), Buku Tamu, Peminjaman Buku, Pengembalian Buku, Data-data Buku yang semua terkendali didalam sistem dengan menggunakan berbagai Software.

Selain itu siswa juga di ajak untuk masuk ke Ruangan Server sebagai Database pusat dan Server Jaringan yang mengontrol seluruh kinerja Sistem Perpustakaan. Siswa juga melihat secara real implementasi database yang digunakan dalam sistem tersebut,  dan yang terakhir tentu anak-anak mempelajari Perangkat Keras(Hardware) yang digunakan di ruangan Server.

Harapan dari kegiatan ini adalah siswa diajak selalu untuk berkarya dibidang pemrograman yang Marketable atau Produk yang dapat dipasarkan pada Industri Software dan tentu harus memiliki daya saing tinggi. Maka dengan proses melihat secara langsung Implementasi Teknologi Informasi di Perpustakaan akan memberikan semangat bagi siswa untuk selalu update teknologi dan berkarya.