25 Agustus 2014

Tim Robotika SMK TI AIRLANGGA Live di Stasiun TVRI Kaltim

Senin 25 Agustus 2014 pukul 16.00 SMK TI AIRLANGGA tayang secara live di Stasiun TVRI Kaltim dalam acara Lamin Etam dengan tema "Robotika".   SMK TI AIRLANGGA mengenalkan beberapa karya robotika yang dibuat oleh para siswa.  Tim robotika langsung didampingi oleh kepala sekolah Bpk. Nanang Supratman, S.PdI, wakil kesiswaan Bpk. Firmansyah, S.Pd, pembimbing robotika Bpk. Agung Batricorsila, S.Kom dan Ketua Jurusan RPL Bpk. Muhammad Yani, S.Kom.




Kepala sekolah menyampaikan pada tahun 2013 beberapa SMK Negeri  dan SMK TI AIRLANGGA di Kaltim mendapatkan bantuan alat-alat mekatronika dan 2 robot dari Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim. Kami terpilih sebagai satu-satunya SMK Swasta yang diberikan alat-alat robot ini, sehingga atas pertanggung jawaban bantuan ini SMK TI AIRLANGGA menambahkan komunitas baru dalam kegiatan para siswa yaitu Komunitas Siswa Berbakat (KSB) bidang robotika. Komunitas ini dibimibing oleh Bpk. Agung Batricorsila.  Melalui komunitas robotika ini para siswa dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan alat untuk menghasilkan produk-produk robot.


Pembimbing Robotika Bpk. Agung Batricorsila mengatakan bahwa SMK TI AIRLANGGA sudah membuat beberapa robot baru seperti robot Line Follower, robot Orion, robot AndroMega, robot Fire Detector dan untuk tahun ini pertama kalinya tim robotika SMK TI AIRLANGGA mewakili kaltim di ajang LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Nasional XXII bidang lomba Mobile Robotics di Palembang, ini merupakan prestasi sangat bagus untuk tingkat pemula, dan berhasil menduduki peringkat 7 Nasional dalam ajang LKS  Nasional tahun 2014 di atas propinsi DIY, Jabar dan Banten.

Hal menarik dalam ajang LKS ini bahwa Tim SMK TI Airlangga baru pertama kalinya memegang secara fisik robot robotino yang di perlombakan, karena kami selama persiapan sepenuhnya menggunakan simulator di komputer karena sekolah kami belum memiliki robot ini, demikian disampaikan oleh Cristian dan Mulyadi siswa kita yang mewakili kaltim dalam ajang LKS robotika ini.  Meskipun demikian, dengan bermodalkan robot pinjaman dari Panitia, tim kita berhasil mempelajari dalam waktu semalam, demikian disampaikan Bpk. agung Batricorsila.