14 Oktober 2014

SMK TI AIRLANGGA Mengikuti Konferensi Perpustakaan Digital Kaltim Tahun 2014

SMK TI AIRLANGGA menghadiri Konferensi Perpustakaan Digital Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2014 dengan tema "Perpustakaan Digital: Paradigma, Konsep dan Implementasi" yang diselanggarakan oleh Badan Perpustkaan Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 13-14 Oktober 2014 yang diwakili staf perpustakaan SMK TI AIRLANGGA. Seminar yang dihadiri oleh beberapa instansi pemerintahan, perguruan tinggi negeri dan swasta serta beberapa sekolah se-Kalimantan Timur.

Materi yang disampaikan adalah pengelolaan perpustakaan digital dengan memanfaatkan Aplikasi Senayan Library lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS). Senayan Library (SLiMS) merupakan Software Open Source (Gratis) yang diperbolehkan untuk digunakan untuk perpustkaaan berbasis digital. Senayan pertamakali digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional. Pengembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Di koordinir oleh Hendro Wicaksono, Hendro lantas mengusulkan ke Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, yang menaungi perpustakaan di departemen itu, untuk membuat program baru sebagai pengganti Karena awalnya dikembangkan dengan uang negara, harus bisa diperoleh secara bebas oleh masyarakat.
Klik http://slims.web.id/landing/ 
Software baru itu kemudian dikembangkan dengan General Public License, sistem perizinan yang lazim digunakan dalam perangkat lunak berbasis sumber terbuka. Perizinan ini mensyaratkan agar software tersebut harus dapat digunakan, dipelajari, diubah, dan didistribusikan ke pihak lain secara bebas