04 September 2015

Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)

Tadi pagi sekolah kita kedatangan Ibu Nuning dan Ibu Siti Aminah  dari Disparkominfo kota Samarinda.  Beliau mendampingi tamu dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI Bpk. Abdul Rahman yang menawarkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi angkatan kerja muda Indonesia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan dilaksanakan di Samarinda pada tanggal 18 s.d 21 September 2015.

SKKNI ini tidak dipungut biaya (Free) bahkan disamping akan menerima sertifikat Nasional berlambang Garuda, peserta juga akan mendapat fasilitas penginapan, konsumsi, dan uang saku ditanggung oleh pihak penyelenggara BBPPKI Medan Kementerian Komunikasi dan Informatika.  Peserta dapat mendaftar melalui Bpk. Yusrizal HP. 085327696445, Bapak Abdul Rahman HP. 08126485009. Bagi Alumni SMK TI Airlangga silahkan mendaftar melalui sekolah sebelum tanggal 12 September 2015 dengan menghubungi Bpk. Firmansyah (Waka. Kesiswaan) dan Ibu Sri Wahyuni (Kood. BK dan Career Center).

Kegiatan ini sepenuhnya dilaksanakan dalam rangka mendukung Nawacita Presiden RI terkait peningkatan SDM, dan terwujudnya SDM angkatan muda bidang kominfo yang lulus uji kompetensi dan berhasil memiliki sertifikat sebagai bukti kepemilikan kompetensi yang dapat dimanfaatkan dalam mencari lapangan kerja.

Adapun peserta SKKNI ini dari lulusan SMK bidang, D1, D2, dan D3 Teknik Informasi dari kota Samarinda, Kukar, dan Bontang.  Selain itu juga ditawarkan sebagai tempat penyelenggara SKKNI dengan tentative acara sebagai berikut:

  1. Hari-1, Pembukaan di rumah jabatan Walikota, dilanjutkan Pendalaman Materi.
  2. Hari-2, Pra Assesment (Test Uji Kompetensi).
  3. Hari-3 dan Hari-4, Assesment (s.d malam)
Adapun SKKNI terdiri dari:
  1. Junior Network Administrator
  2. Junior Web Programming
  3. Multimedia (Design Grafis)
  4. Technical Support