03 Desember 2015

Kuliah Umum Prof. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D


SMK TI Airlangga Samarinda terus aktif melibatkan staff pengajarnya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang bertujuan guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi setiap guru. Salah satunya mengikuti Kuliah Umum yang diselengarakan oleh UP. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Unmul pada hari Rabu 2 Desember 2015 di L-4 Gedung Rektorat Unmul.

Hadir sebagai narasumber Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia, Prof. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa perkembangan teknologi informasi menjadi faktor pendorong utama dalam kemajuan dunia pendidikan.  Bagaimana peran IOT (Internet Of Thinghs) semakin besar dalam sisi kehidupan kita.

Narasumber juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 8/2012 teantang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. KKNI merupakan sistem yang berdiri sendiri dan merupakan jembatan antara sektor pendidikan dan pelatihan untuk membentuk SDM nasional berkualifikasi (QUALIFIED PERSON) dan bersertifikasi (CERTIFIED PERSON) melalui skema pendidikan formal, non formal, in formal, pelatihan kerja atau pengalaman kerja.

Dipaparkan juga tentang "Top Ten Strategic Technology Trends for 2014:
  1. Mpbile Device Diversity and Management
  2. Mobile Apps and Applications
  3. The Internet of Everything
  4. Hybrid Cloud and IT as Service Broker
  5. Cloud/Client Architecture
  6. The Era of Personal Cloud
  7. Software Defined Anything
  8. Web-Scale IT
  9. Smart Machines
  10. 3-D Printing
Acara ini dihadiri ratusan peserta dari siswa dan guru SMK TI Airlangga Samarinda, Dosen dan mahasiswa STMIK SPB Airlangga, mahasiswa Unmul, dan STIMIK Widya Cipta Darma.  Tema Kuliah umum kali ini adalah “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer saat ini dan yang akan datang, serta peluang kerja bagi lulusannya menghadapi pasar bebas khususnya perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN” acara ini resmi dibuka oleh Rektor Unmul.

Hadir mewakili SMK TI Airlangga dan STMIK SPB Airlangga selain siswa dan mahasiswa adalah: Bpk. Firmansyah, Bpk. M. Yani, Bpk. Hasnawi, Bpk. Isman, Ibu Tina Tri Wulansari, dan Ibu Yuni.