11 Mei 2016

Bapak Misran dan Ibu Marissa Devina ikuti Seminar Computational Thinking



Telah dilaksanakan workshop untuk guru dengan tema "Computational Thinking" yang merupakan kegiatan yang diadakan oleh Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Mulawarman bekerjasama dengan Adimitra Baratama Nusantara pada hari selasa tanggal 10 Mei 2016 di ruang Vicon Gedung Rektorat Universitas Mulawarman dengan pembicara Dr. Ir. Inggriani Liem (Dosen di ITB dan Ketua Pembina TOKI(Tim Olimpiade Komputer Indonesia)). Peserta dari workshop ini adalah perwakilan guru dari beberapa sekolah di samarinda dan beberapa dari luar samarinda.SMK TI Airlangga diwakili oleh Bapak Misran, M.Si dan Ibu Marissa Devina, S.Kom.
SMK TI Airlangga diwakili oleh Ibu Marissa Devina, S.Kom dan Pak Misran, S.Si. Disampaikan bahwa Computational Thinking adalah proses pemikiran manusia yang terlibat dalam merumuskan masalah dan solusinya. Dan ini bisa diterapkan dalam proses belajar dan mengajar sehingga siswa terbiasa dalam menganalisis permasalahan secara cepat dalam mecari solusi dari permasalahan tersebut.

Salah satu cara untuk mengasah agar bisa berpikir secara Computational Thinking adalah dengan belajar melalui permainan (games) atau mengikuti/ berlatih mengerjakan soal olimpiade dengan tingkat atau level tertentu. Beberapa situs yang patut dicoba yaitu : https://code.org, https://scratch.mit.edu, https://training.ia-toki.org, https://olympia.id, http://www.mascil-project.eu/, atau http://bebras.org. Latihan atau permainan dari situs diatas dapat melatih berpikir secara Computational Thinking sesuai level atau usia dari siswa.