04 Mei 2016

Pengembangan Teaching Factory dan Science Technopark di SMK TI Airlangga Samarinda


Teaching Factory : Lab. Teknik Komputer Dan jaringan (Lab. TKJ)
 Upaya lanjutan dalam implementasi program peningkatan kualitas lulusan SMK TI Airlangga dilakukan melalui penerapan konsep Teaching Factory.  Konsep ini menekankan pendidikan yang lebih demand oriented, membekali para peserta  didik dengan karakter kewirausahaan (entrepreneurship) dan melibatkan dunia usaha/dunia industri sebagai mitra utama. Melalui pola Teaching Factory, optimalisasi kerjasama pendidikan dengan industri berdampak pada proses pembelajaran yang semakin berorientasi pada kebutuhan industri.

Add caption
Teaching Factory: Lab. Rekayasa Perangkat Lunak (Lab. RPL)

Konsepsi dasar Teaching Factory adalah “Factory to Classroom” yang bertujuan untuk melakukan transfer lingkungan produksi di industri secara nyata ke dalam ruang praktik. Kehidupan produksi yang nyata sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi pengajaran yang berbasis aktivitas nyata dari praktik industri pada setiap harinya.


Teaching Factory: Lab. Multimedia (Lab. MM)
Technopark merupakan salah satu bentuk wadah untuk menghubungkan institusi pendidikan dengan dunia industri. Dengan adanya Technopark maka penggabungan dunia industri dan dunia pendidikan merupakan suatu keniscayaan. Selain itu, dengan adanya Technopark akan memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat antar dunia industri dan pendidikan, sekaligus dapat mendongkrak pengembangan potensi daerah dengan mengakselerasi program wirausaha (entrepreneurship) di SMK TI Airlangga.  Lihat foto-fotonya di Page Facebook SMK TI Airlangga.


Science Technopark SMK TI Airlangga

Science Technopark SMK TI Airlangga
Teaching Factory at SMK TI Airlangga