03 Mei 2016

SMK TI Airlangga Lakukan Kerjasama Dengan DNA Initiative Dari Evercoss Jakarta


Sebagai sekolah vokasi SMK TI Airlangga terus melakukan pengembangan.  Kali ini SMK TI Airlangga menjadi sekolah vokasi pertama di Kalimantan yang melakukan kerjasama dengan DNA Initiative.  DNA Initiative (Device, Network, Application) adalah program yang bertujuan untuk membangun kemampuan, keterampilan, dan pengalaman di bidang teknologi.

DNA INITIATIVE juga bertujuan untuk membangun kompetensi dibidang mobility ditingkat SMK, khususnya yang berhubungan dengan Device, Network dan Application.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) resmi bekerjasama dengan DNA Initiative pada tanggal 3 Februari 2016, yang tertuang dalam perjanjian PSMK No. 142/D5.6/KP/2016 dan 002/DNA/MDP/12/2015. Kerjasama ini mencakup pengembangan program di bidang Devices (Perangkat), Network (Jaringan) dan Application (Aplikasi) bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Bapak Muhammad Yani, S.Kom
Penerapan program ini dilakukan melalui Pengajaran dan job training (TOT untuk guru), adapun hasil Training ini nantinya dapat diimplementasikan di sekolah sebagai standart mutu pembelajaran siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) .  Pada tanggal 14 – 16 April 2016 lalu SMK TI Airlangga telah mengikutsertakan Bapak Muhammad Yani, S.Kom (Kajur RPL) untuk mengikuti ToT DNA Inisiative yang diselenggarakan di SMK Rujukan DNA (SMK Umar Fatah, Jl. Raya Rembang – Lasem Km.7,5 Punjulharjo Rembang, Semarang Jateng) dengan nara sumber Tim DNA Initiative dari EVERCOSS Jakarta.  Pada kesempatan ini sekaligus dilakukan penandatanganan Kerjasama (MOU) antara SMK TI Airlangga dengan DNA Initiative Evercoss Jakarta.

Device – Network – Application (DNA) adalah dasar kurikulum yang dikembangkan untuk SMK, dengan tingkat kesulitan berjenjang.  DNA adalah sebuah program ekosistem terpadu. Dasar kurikulum, ketiganya merupakan bagian yang independen namun memiliki keterkaitan dan memberikan kesempatan belajar dan kerja kepada siswa.




Tujuan DNA :
Mendidik Tenaga Kerja Siap Kerja, Mental/Fisik dan terampil di bidang mobile devices: manufacturing, after sales service

Realisasi (Rekanan) :
Meruvian - Evercoss - SMK, klik disini untuk info terkait.

Device atau perangkat adalah gabungan antara perangkat keras dengan piranti lunak.  Network atau jaringan adalah media komunikasi antara perangkat, sehingga Application adalah piranti lunak yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Disamping itu Evercoss Realisasikan Program DNA Initiative melalui Program Magang.
Apa sih, Kelebihan DNA Initiative Dibandingkan Program Magang Lain?Klik juga disini Evercoss DNA Initiative. 
Lihat juga kegiatan DNA Initiative di salah satu SMK: SMKN 11MALANG - DNA Evercoss Meruvian