10 Agustus 2016

Core Skills Introductory Cource For Teacher


Samarinda 23 Juli 2016, bertempat di R. 101 SMK TI Airlangga telah dilakukan seminar tentang Core Skills Introductory Cource For Teacher. Sebagai nara sumber adalah Ibu Dwi Yuli Susanti, S.Pd Bidang Humas IGI Kaltim yang juga staff pengajar Matematika, dan Penanggung Jawab Hubungan Industrial dan Prakerin di SMK TI Airlangga Samarinda.

Materi yang disampaikan adalah materi dari hasil workshop yang dilaksanakan oleh British Council Indonesia yang secara rutin mengadakan kegiatan "Core Skills Introductory Cource", yang diikuti oleh Ibu Dwi Yuli Susanti di Balikpapan dari tanggal 20-21 Mei 2016 bertempat di Ruang Emerald Hotel Swiss-Belinn Balikpapan.


Saat itu sebagai Sebagai narasumber: Gumawang Jati (Dosen ITB), V. Triprihatmini (Dosen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Barlin Hady Kusuma (Kepsek SMP.N 4 Samarinda).  Kegiatan ini bertujuan mengenalkan konsep core skills (ketrampilan inti), atau yang sering dikenal sebagai 21st century skills, yang melibatkan beberapa diskusi dan kerja kelompok.  Materi yang digunakan adalah modul dari British Council dan diharapkan peserta akan mempunyai pemahaman yang lebih baik mengenai konsep ini termasuk penerapannya di sekolah untuk memastikan siswa mempunyai bekal yang relevan menghadapai era mendatang.

British Council dengan berbagai pemangku kepentingan telah melakukan penelitian tentang kerangka pedagogies dalam keterampilan transversal dan kemudian memutuskan untuk fokus pada mendukung guru mengembangkan pedagogi mereka dalam enam keterampilan inti berikut kompetensi.

  1.      Berpikir Kritis dan Problem Solving
  2.      Komunikasi dan Kolaborasi
  3.      Kreativitas dan Imajinasi
  4.      Kewarganegaraan
  5.      Literasi digital
  6.      Kepemimpinan Mahasiswa dan Pengembangan Pribadi
Pada seminar tanggal 23 Juli 2016 ini di ikuti oleh 35 guru.