11 Oktober 2016

Sambutan Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi Kalimantan Timur







PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SAMBUTAN KEPALA BADAN NARKOTIKA NASIONAL

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
                                                         
YANG SAYA HORMATI KEPALA SEKOLAH TI AIRLANGGA SAMARIANDA
YANG SAYA HORMATI PARA GURU DAN STAF
SERTA PARA SISWA/SISWI SEKALIAN YANG SAYA CINTAI

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULAHI WABARAKATUH
SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN

              DENGAN MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAN ALLAH SWT.TUHAN YANG MAHA KUASA ATAS SEGALA RAHMAT DAN NIKMAT YANG DIBERIKAN, ATAS KERJASAMA DAN DUKUNGAN DARI BERBAGAI PIHAK DALAM RANGKA MELAKSANAKAN PROGAM PENCEGAHAN ,PEMBERANTASAN PENYALAGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA (P4GN) DILINGKUNGAN PELAJAR KHUSUSNYA DI SMK TI AIRLANGGA.


              UPAYA P4GN HARUS MENJADI PRIORITAS UTAMA PROGRAM PEMERINTAH KHUSUSNYA LINGKUNGAN PENDIDIKAN YANG DIHARAPKAN MENJADI MEDIA MEMBETUK SISWA AGAR MEMPUNYAI KETAHANA TERHADAP BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA.

             NARKOTIKA PADA DASARNYA BERGUNA DAN BERMANFAAT APABILA DIGUNAKAN SECARA BENAR SESUAI DENGAN KEPENTINGAN PELAYANAN KESEHATAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DUNIA ILMU PENGETAHUAN,NAMUN KENYATAAN YANG TARJADI JUSTRU NARKOTIKA BANYAK DISALAHGUNAKAN  PEMANFAATANNYA YANG MANGAKIBATKAN DAMPAK BURUK YANG SANGAT BERBAHAYA DAN BERKEPANJANGAN BAGI KEMANUSIAAN,KERUSAKAN FISIK , MERUSAK KARAKTER PRIBADI,DAN  DAMPAK SOSIAL LAINNYA.

PARA SISWA SEKALIAN YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN.

      SALAH SATU KEPRIHATINA DAN MENJADI PERHATIAN KITA SEMUA PADA ERA GLOBALISASI SAAT INI,BUKAN HANYA MARAKNYA  AKSI TERORIS AKAN TETAPI JUGA YANG MENJADI MASALAH DUNIA,ADALAH ANCAMAN DAN BAHAYA DARI PADA PENYALAGUNAAN DAN PEREDARAN  GELAP NARKOBA DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT KITA BAHKAN SUDAH MERAMBAH KE BEBERAPA SEKOLAH/PEGURUAN TINGGI DI INDONESIA.

INDONESIA BERADA DALAM SITUASI DARURAT NARKOBA, DIMANA INDONESIA SUDAH MENJADI PASAR SEKALIGUS PRODUSE NARKOBA . PADA TAHUN 2014 ADA 4 JUTA ORANG YANG DIPERKIRAKAN SUDAH MENJADI PENCANDU NARKOBA DAN DIPREDIKSI SEKITAR 5,6 JUTA ORANG PAD TAHUN 2015. LAPAS DAN RUTAN KITA LEBIH DARI 50 PERSEN ISINYA ADALAH PARA KORBAN PENYALAGUNAAN NARKOBA YANG BERCANPUR DENGAN PARA PENGEDARNYA. UNTUK DIKETAHUI BERSAMA SAAT INI PROVINS KALIMANTAN TIMUR BERADA PADA PRINGKAT KE-3 SE-INDONESIA YANG TERLIBAD DALAM PENYALAGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA DENGAN JUMLAH KORBANNYA SEKITAR 63.873 ORANG ATAU 3.23% DARI TOTAL POPULASI 1.979.100 JIWA PENDUDUK USIA 10- 59 TAHUN.

PESERTA UPACARA SEKALIAN YANG SAYA HORMATI, SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN

BERBAGAI UPAYA YANG TELAH DIALKUKAN OLEH BNNP KALTIM DAN AKAN BERKELANJUTAN ANTARA LAIN SEBAGAI BERIKUT:
1.       MELANJUTKAN PROGRAM PEMBERANTASAN NARKOBA MELALUI PEMUTUSAN JARINGA PEREDARAN GELAP NARKOBA KHUSUSNYA PADA DAERAH- DAERAH RAWAN SEBAGAI PRIORITAS UTAMA YAITU DI PERBATASAN DENGAN NEGARA LAIN.
2.       MELANJUTKAN UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MEMBANGUN MASYARAKAT YANG MAMPU MENOLAK NARKOBA.
3.       MENGOPTIMALKAN WAJIB LAPOR BAGI KELUARGA MAUPUN KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN PECANDU UNTUK MELAPORKAN DIRI KEPADA IPWL (INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR) SEPERTI BALAI REHABILITASI TANAH MERAH SAMARINDA, KANTOR BNNP / BNNK, RS. ATMA HUSADA . DAN SELANJUTNYA AKAN DILAKUKAN REHABILITASI BAGI PECANDU NARKOBA.
4.       MENSOSIALISASIKAN TENTANG ADANYA TIM ASSESMEN  TERPADU YANG MEMPUYAI TUGAS MEMBERIKAN ASSESMEN KEPADA TERSANGKA UNTUK DIKELUARKANNYA  REKOMENDASI PENGADILAN APAKAH TERSANGKA TERSEBUT SEBAGAI PECANDU MURNI ATAU PECANDU MERANGKAP PENGEDAR.
5.       BERSAMA SELURU LAPISA MASYARAKAT MEMBANGUN PARADIGMA BARU YAITU MEMBANTU KORBAN PENYALAHGUUNAAN NARKOBA DENGAN CARA MEMBERIKAN AKSES REHABILITASI NARKOBA DAN MENINGGALKAN  PARADIGMA LAMA DIMANA MASYARAKAT MASIH SENANG MEMBEIKAN HUKUMAN PENJARA KEPADA KORBAN PENYALAHGUNAAN NADRKOBA.
6.       MEMBERIKAN SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT AGAR BISA MEMBEDAKAN MANA YANG DISEBUT SEBAGAI KORBAN  ATAU PECANDU DAN SIAPA YANG DISEBUD SEBAGAI PENGEDAR ATAU PENJAHAT.
7.       MEMBERDAYAKAN PENGGIAT- PENGGEIAT  ANTI NARKOBA YANG SUDAH TERBENTUK DI RT/RW , OSIS DAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA SERTA DI LINGKUNGAN KERJA.

SAUDARA PARA GURU YANG SAYA HORMATI DAN SAYA MULIAKAN
               SEPERTI YANG DISAMPAIKAN PADA AWAL SAMBUTAN INI BAHWA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN  TERHADAP ANCAMAN DAN BAHAYA NARKOBA BAGI PARA SISWA/SISWI MAKA PERAN SERTA BAPAK/IBU GURU YANG BERADA  DITENGAH  TENGAH MURID ADALAH MEJADI SANGAT STRATEGIS,UNTUK ITU DIMOHON PERAN SERTA BAPAK IBU GURU DALAM RANGKA MEMBANGUN  KETAHANAN SISWA YAITU DENGAN MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAN PRODUKTIF AGAR KITA DAPAT MENGGALI  PERMASALAHAN YANG TERPENDAM SEKALIGUS DAPAT MEMBANTU MENCARIKAN SOLUSINYA.
DENGAN BUDAYA KOMUNIKASI YANG EEKTIF DAN PRODUKTIF INI DIHARAPKAN NANTINYA AKAN TERBANGUN GENERASI UDA YANG IMUNITASNYA TINGGI TERHADAP NARKOBA YAITU GENERASI YANG SEHAT, MAMPU MENOLAK NARKOBA SEKALIGUS PRODUKTIF BAIK LINGKUNGAN KELUARGA , DI LINGKUNGAN SEKOLAH , MAUPUN KELAK DI LINGKUNGAN  KERJANYA.

PARA SISWA/SISWI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN

                 PADA TAHUN 2031 SEBAGAI TAHUN BONUS DEMOGRAFI KELAK ANANDA SEKALIAN ADALAH PELAKU GENERASI MUDA PENERUS BANGSA , ANANDA SEKALIAN DITUNTUT MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN DEMI KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA YANG KITA CINTA INI, SEBAGAI GENERASI YANG AKAN MENGGATIKAN KAMI-KAMI INI DIBERBAGAI MACAM PROFESI SESUAI CITA-CITAMU.
MAKA KAMI BERPESAN AGAR ANANDA SEKALIAN:
1.       BISA MENJADI PRIBADI YANG TANGGUH,
2.       MAMPU BERSAING SERTA BERDAYAGUNA UNTUK MENHINDARKAN DIRI DARI PERBUATAN YANG TERCELA SEPERTI PENYALAHGUNAAN NARKOBA;
3.       BISA MENJADI  GENERASI YANG PRODUKTIF, BERKUALITAS DAN DIPERHITUNGKAN OLEH PIHAK LAIN.
4.       TINKATKAN PRESTASI UNTUK MEWUJUDKAN CITA-CITAMU DAN KEMBANGKAN BAKAT DEMI MASA DEPAN MENUJU KALTIM YANG MAJU.
5.       BERANI BERKATA “TIDAK’’ PADA ”NARKOBA”.

DEMIKIAN PESAN DAN HARAPAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN , SEMOGA BIMBINGAN PERTOLONGAN DAN BERKAH KARUNIA ALLAH SWT TUHA YANG MAHA ESA SENANTIASA SELALU IT KEPADA KITA SEMUA .AMIN.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH
WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKARTUK
                                                                                                                               
Kepada Badan Narkotika Nasional
Provinsi Kalimantan Timur
ttd
Drs.Sufyan Syarif MH