20 Februari 2017

Visitasi Akreditasi SMK TI Airlangga oleh Asesor BAN-SM

Staf Pengajar SMK TI Airlangga bersama Asesor BAN-SM
Senin (20/02/2017), Kepala Sekolah Bapak Ir. H. Sigit Sigalayan, MP serta seluruh staf jajaran manajemen SMK TI Airlangga mendampingi pertemuan dengan Tim Asesor BAN-SM dalam rangka Visitasi Akreditasi. Hal ini merupakan tindak lanjut BAN-SM kepada Sekolah yang telah mengirimkan dokumen Akreditasi setengah tahun yang lalu. 

Tim Asesor BAN-SM terdiri dari Bapak. H. Sunarso dan Bapak. Andi Farid Hidayanto. Visitasi ini dalam rangka perpanjangan masa aktif Akreditasi Program Studi Teknologi Komputer dan Informatika pada 3 Kompetensi Keahlian yaitu Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer & Jaringan. Lihat berita 5 tahun lalu akreditasi MM dan RPL, akreditasi TKJ.

Sesuai dengan jadwal kegiatan visitasi berlangsung selama 2 hari. Visitasi diawali dengan pertemuan tatap muka oleh tim asesor kepada Manajemen Sekolah serta dewan guru SMK TI Airlangga. Dalam pertemuan awal ini Tim Asesor melalui Bapak. H. Sunarso menyampaikan terkait dengan kebijakan-kebijakan baru dari BAN-SM tentang Instrumen Akreditasi Tahun 2017, hal ini penting diketahui oleh Sekolah karena akan berkaitan pada akreditasi berikutnya.

Proses penilaian dilakukan pada setiap masing-masing standar. Sekolah telah mempersiapkan dokumen serta data pendukung akreditasi di dalam satu ruangan. Selain itu, Asesor juga melakukan visitasi untuk melihat proses pembelajaran dan sarana & prasarana yang ada secara langsung.

Ada 8 Standar yang telah dipersiapkan, yaitu:
1. Standar Isi (Pj. Bapak Misran, S.Si, S.Mat)
2. Standar Proses (Pj. Ibu Dwi Yuli Susanti, S.Pd)
3. Standar Kompetensi Lulusan (Pj. Bapak Muhammad Yani, S.Kom)
4. Standar Pendidik dan Tendik (Pj. Bapak Salman, S.Pd)
5. Standar Sarana dan Prasarana (Pj. Bapak Asri)
6. Standar Pengelolaan (Pj. Isman Mustamin, S.Kom)
7. Standar Pembiayaan (Pj. Ibu Rosmawati, A.Md)
8. Standar Penilaian (Pj. Titi Adinda Wahyu Rizqyah, S.Pd)

Semoga melalui proses ini Sekolah dapat meningkatkan Pendidikan Vokasi semakin bermutu serta menjadi kebanggaan rakyat Kalimantan Timur dan Bangsa Indonesia secara umum.