09 Mei 2017

Diskusi Inovasi Google bersama HOE Google Indonesia di SMK TI Airlangga

Pagi ini (selasa, 09/05/2017). SMK TI Airlangga kedatangan tamu dari Google Indonesia yaitu Bapak Gandis Samodra (Head of Education Development Google Indonesia). Kedatangan beliau bermaksud untuk menawarkan kerjasama bidang pendidikan kepada Pemerintah Kalimantan Timur dan beberapa Kabupaten Kota. Klik https://edu.google.com/ untuk melihat tentang Google For Education.

Saat kunjungan di Sekolah kami HOE Google Indonesia mempresentasikan feature google. Sekolah kami SMK TI Airlangga telah aktif menggunakan features google sejak beberapa tahun lalu, dan telah menerapkan Google Apps For Education (GAE) sejak awal diluncurkannya GAE. Kepala Sekolah Bapak. Ir. H. Sigit Sigalayan bersama Wakasek. Kesiswaan Bapak. Muhammad Yani, S.Kom menerima langsung Bapak Gandis Samodra yang didampingi Dr. Barlin Hadi Kesuma (Bappeda Kota Samarinda).
Dalam kesempatan ini Bapak Gandis juga memperkenalkan Chromebooks (laptop) yang mudah digunakan, built-in Google, intergrasi dengan google playstore, dan memiliki fitur yang powerfull untuk menerapkan Google Apps For Education. 

Beikrut catatan Dr. Barlin Kesuma:

Bapak Gandis Samodra juga melalukan kunjungan utama dan bertemu dengan para stakeholder perencanaan (Bappeda), pendidikan (Disdk) dan Kominfo Provinsi Kaltim dan Samarinda.

Ini latar belakang kunjungan Google ke Samarinda, Tenggarong dan Balikapapan:
  1. Partisipasi dan kontribusi Google Education untuk pendidikan di Indonesia khususnya Kaltim dan daerah tujuan Samarinda, Balikpapan dan Kukar.
  2. Ikut membantu Pemprov dan Kab/Kota dalam menyiapkan teknologi dalam kelas di Sekolah (SD,SMP, SMA, SMK, MI/MTs).
  3. Menyiapkan guru dan murid menuju abad 21.
  4. Menyiapkan siswa melalui 5 Skill utama untuk penyiapan SDM.
  5. Sharing sukses impelementasi Google Edu Platform di beberapa negara.
  6. Menyiapkan infrastruktur Smart School.
Audeinsi bersama Kadisdik Kaltim
Audiensi dengan Kadisdik Kaltim dan HOE Google Indonesia, setelah mendengar paparan Google, Disdikprov akan menunjuk sekolah yang akan jadi piloting project menggunakan Google Classroom. Google juga mengunjungi SMK TI Airlangga, salah satu sekolah yang telah banyak menggunakan features google dalam kegiatan pembelajaran dan administrasi lembaganya. Bappeda hadir untuk mengawal perencanaan yang mendukung program Smart City, termasuk Smart Learning dan Smart School.