13 Juli 2017

Bimtek Pendampingan Implementasi K13 di SMK TI Airlangga Samarinda


Sebagai tindak lanjut dari Bimtek implementasi kurikulum K13 bagi guru sasaran SMK yang telah dilaksanakan oleh LPMP Propinsi Kalimantan Timur pada tanggal 11-15 Juni 2017, maka SMK TI Airlangga sebagai salah satu sekolah sasaran melaksanakan BIMTEK PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI K13 dari tanggal 12-15 Juli 2017.  KLegiatan ini diikuti oleh 23 orang guru sasaran pada SMK TI Airlangga, dan dihadiri oleh Wakil Komite Sekolah Bapak Heri Cahyono, SE, Bapak. Agus Rahman Ramdhani, dan Bapak Jasni Sabar.  Bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Samodro, M.Si Widyaiswara Madya LPMP Propinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya Kepsek SMK TI Airlangga Bapak Sigit Sigalayan menyampaikan bahwa dengan Bimtek ini diharapkan guru sasaran dapat berperan sebagai daya dukung dan penggerak implementasi Kurikulum 2013. Pelatihan/Bimtek ini bertujuan agar Guru Sasaran mampu memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Sekolah, yang antara lain dimulai dari perubahan mindset, proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. 

Pembiayaan Kegiatan Bimbingan Teknis dan Pendampingan Implementasi K13 ini menggunakan dana pusat yang dikelola LPMP dengan skema Bantuan Pemerintah (Bantah) yang disalurkan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) kepada sekolah.  Klik disini untuk melihat dokumentasi kegiatan.

Berikut adalah Materi yang disampaikan dalam Bimtek Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013:

Orientasi Program, Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum, Spektrum SMK, Pedoman Penerapan Kurikulum K13 hasil revisi 2016, Abalisis dokumen SKL, KI-KD, Silabus dan Pedoman Mapel, Analisis Materi Pembelajaran, Analisis Penerapan Model Pembelajaran, Analisis Penilaian Hasil Belajar (HOTS), Telaah Video Pembelajaran, RPP, Telaah RPP, Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar, Praktik Baik Pembelajaran SMK.

(Catatan: Mengingat awal sekolah TA. 2017/2018 dimulai pada hari senin tanggal 17 Juli 2017, dan dana bantuan pemerintah (Bantah) belum ada, maka SMK TI Airlangga berinisiatif untuk melaksanakan Bimtek lebih awal sambil menunggu realisasi dana bantuan pemerintah dimaksud).