08 Juli 2017

Wido Purnomo Siswa Kelas 2 RPL Berpenghasilan Rp. 1.400.000,-/bulan: Usaha Service Handphone, PC, Laptop, Printer, Jual Pulsa, dan Buat Program

Wido Purnomo adalah siswa SMK TI Airlangga Samarinda yang sedang menempuh pendidikan di bangku kelas 2 jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), bertempat tinggal di jalan M. Said RT. 28 No 05 Samarinda.

Dalam wawancara terpisah Wido menuturkan bahwa sekarang kegiatan diluar sekolah saya sehari - hari adalah usaha service handphone, Personal Computer, Laptop, Printer, Jual Pulsa, dan membuat Program secara online.  Usaha yang saya jalankan berawal dari jurusan yang sesuai saya ambil di sekolah yaitu jurusan RPL.  Kemudian Saya kembangkan menjadi usaha sejak kurang lebih 3 bulan yang lalu, dimana saya mulai merencanakan sekaligus menjalankannya, selain itu usaha ini saya jalankan sendiri.  Dari hasil pekerjaan saya ini, saya mendapatkan kurang lebih Rp. 1.400.000,00 per bulannya.
Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana langkah - langkah dari pekerjaan saya.  Pertama, saya menyiapkan alat dan bahan lalu saya mulai memasuki proses perakitan sesuai dengan konsep, selanjutnya saya melanjutkan dengan pembuatan program, setelah pembuatan program saya jika ada kesalahan yang terjadi pada program saya, jika tidak ada maka akan langsung saya jual. Ini untuk usaha saya membuat robot.

Adapun kendalanya dalam pembuatan robot yaitu: terkadang program yang diterapkan pada robot error, lamanya proses pengiriman dikarenakan membeli bahan dari luar daerah, selanjutnya yaitu karena rumitnya permintaan konsumen.

Selain usaha pembuatan robot saya juga menjalankan usaha service komputer, printer, dan smartphone. Berikut proses dalam penjalanan usaha saya. Yaitu, pertama dapat melayani panggilan dan service di lapak, lalu saya juga mempromosikan usaha saya melalui media sosial dan teman - teman. Usaha saya ini saya jalankan sejak kelas 2 SMK dan saya belajar secara otodidak, dari diri sendiri dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Saya dalam usaha ini berdiri sebagai leader dengan dibantu 3 orang teman sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan dikuasai.

Dalam mencari konsumenpun diperlukan strategi, ternyata memang penuh perjuanagan. Tahap awal mencari konsumen yang memerlukan jasa perbaikan, setelah mendapatkan konsumen saya mencari kerusakan dan keluhan dari konsumen, dilanjutkan dengan negosiasi harga service atau perbaikan dengan, jika sepakat barulah mulai memperbaiki kerusakan barang, dan langkah terakhirnya memberitahu konsumen barang yang sudah siap diambil.