10 Oktober 2017

2 Guru Produktif RPL SMK TI Airlangga Mengikuti Training of Trainer (ToT) Java Fundamental oleh Oracle Academy, dan Terpilih Sebagai Peserta Terbaik

Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMK TI Airlangga Samarinda, 2 orang guru produktif jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dari SMK TI Airlangga Samarinda, yaitu Bapak Muhammad Yani, S.Kom. dan Bapak Thami Rusdi Agus, berkesempatan untuk mengikuti Training of Trainer (ToT) Java Fundamental yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan Oracle Academy. Program Mitra Kerja Oracle Academy ini meberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan bebas biaya bagi guru-guru produktif SMK yang memiliki Paket Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan.
Bapak Thami Rusdi Agus (Guru Produktif RPL) terpilih sebagai peserta terbaik Oracle Academy Java Fundamental
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal  2-6 Oktober 2017 selama 5 (lima) hari berturut-turut di SMK Negeri 7 Samarinda dengan diikuti 31 Peserta Guru dari berbagai Sekolah di Kaltim. Oracle Academy mendatangkan seorang instruktur profesional yaitu Bapak Rizqi Ardiansyah, OCM. (Oracle Certified Master).   Pada pelatihan ini Bapak Thami Rusdi Agus (SMK TI Airlangga) mendapat penghargaan sebagai peserta terbaik bersama Henda Yuni (SMK.N 7 Samarinda).  Peserta terbaik akan dibiayai untuk melanjutkan Oracle Academy Java Fondation di Surabaya.
Teknik pembelajaran pada training Java Fundamental ini disampaikan dalam bentuk tayangan slide diikuti best practice-nya, beserta soal quiz yang harus diselesaikan pada setiap akhir pembahasan section. Selain proses pembelajaran dilakukan pada komputer lokal peserta, juga dilakukan melalui situs pembelajaran elektronik (Oracle Learning Management System) yang beralamat pada https://ilearning.oracle.com.

Adapun section materi pembelajaran pada training Java Fundamental terbagi sebanyak 7 section, yaitu:
* Java Fundamental Introduction 
* Pembuatan games 3D (berorientasi objek) secara visual
* Pembuatan games 2D (berorientasi objek)
* Dasar-dasar Java
* Struktur program
* Arrays dan Exceptions
* Java Classes

Software yang digunakan adalah:
* Alice 3 (3D games software)
* Greenfoot (2D games software)
* Eclipse (IDE untuk Java)

Perlu diketahui bahwa software Alice 3 (https://alice.org) adalah software open source untuk pembuatan animasi dan permainan 3 dimensi (3D) yang paling banyak digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan ilmu komputer dasar. Software ini mengenalkan konsep-konsep dan paradigma pemrograman modern pada Java secara visualisasi, artinya tidak ada kode-kode program yang rumit yang biasanya menjadi momok menakutkan bagi para pemula yang ingin terjun ke dunia pemrograman komputer. Sama halnya dengan Alice 3, Greenfoot (https://www.greenfoot.org) adalah software untuk pembuatan animasi dan permainan 2 dimensi (2D), namun lebih memanfaatkan logika dan kode pemrograman Java untuk menjadikan skenario animasi/permainan bisa berjalan sesuai keinginan. Greenfoot juga dapat membuat project animasi/permainan yang dibuat agar dapat dijalankan pada perangkat mobile/smartphone berbasis Android dan dapat langsung diunggah ke Google PlayStore. Eclipse (https://www.eclipse.org/) adalah software open source pengembangan terintegrasi (integrated development environment / IDE) yang paling umum digunakan untuk pemrograman Java.

Selain training Java Fundamental, peserta memiliki kesempatan untuk menjadi Oracle Academy Instructor dengan syarat telah mengikuti dan menyelesaikan seluruh materi, quiz, mid term exam dan final exam dengan mencapai nilai minimum kelulusan yang telah ditentukan oleh Oracle Academy. Beruntung sekali tim dari SMK TI Airlangga Samarinda berhasil lulus dan telah memegang sertifikat untuk dapat menerapkan ilmu yang telah didapat kepada siswa dan siswa SMK TI Airlangga Samarinda.

Di akhir kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda telah menyelesaikan training yang diserahkan oleh perwakilan Direktorat Pembina SMK, Bapak Ferdiman, diikuti dengan presentasi hasil karya masing-masing kelompok peserta dalam menerapkan materi pembelajaran yang telah didapat ke dalam sebuah final project.

Dengan adanya training Java Fundamental ini, diharapkan berdampak kepada siswa dan siswi SMK TI Airlangga Samarinda agar memiliki kompetensi dalam bidang pemrograman komputer tersertifikasi standar dunia.