05 September 2018

Dialog Pendidikan Gerakan Literasi Nasional (GLN)


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 31 Agustus 2018 melaksanakan kegiatan Dialog Pendidikan tentang Gerakan Literasi Nasional (GLN) dengan tema Gerakan Literasi Sekolah : Menggerakan Literasi, Karakter, dan Kompetensi sebagai Keterampilan Penting di Pendidikan Abad XXI.  

Dialog pendidikan yang dilaksanakan di LPMP Provinsi Kalimantan Timur beralamatkan Jl. Cipto Mangunkusumo Km.2 Samarinda ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru yang sekolahnya di undang oleh Disdikbud Prov. Kaltim. Narasumber yang dihadirkan yaitu Dr. Ir. Hj. Hetifah Syaifudian, MPP dan Dra. Pangesti Wiedarti M.Appl.Ling., Ph.D. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan berdiskusi dengan penyaji materi GLN.

Fokus pembicaraan yang disampaikan pemateri yaitu tentang Gerakan Literasi Sekolah (GLS). GLS sendiri merupakan salah satu dari GLN. Selain GLS, GLN terdiri dari Gerakan Literasi Keluarga (GLK) dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM).

Ada 6 (enam) literasi dasar yang wajib diketahui, yaitu :
1. Literasi Baca-Tulis
2. Literasi Numerasi
3. Literasi Sains
4. Literasi Finansial
5. Literasi Digital
6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Krisis literasi (aliterasi) di Indonesia terjadi karena masyarakat sebenarnya mampu dan bisa untuk membaca, akan tetapi kurang ada kemauan untuk membaca.