11 September 2018

Seminar Bagimu Guru oleh Astra Daihatsu


PT. Astra International, Tbk - Daihatsu merupakan salah satu group perusahaan Astra yang berfungsi memasarkan kendaraan roda empat dengan merk Daihatsu. Dengan slogan Daihatsu Sahabatku dan sebagai salah satu bentuk CSR, PT. Astra Daihatsu Motor mengundang guru-guru SMK untuk mengikuti seminar Bagimu Guru sebagai salah satu bentuk kepedulian Astra terhadap pendidikan.

Seminar ini dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018. Bertempat di Ruang Kersik Luway Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, acara ini dibuka dengan sambutan dari Bpk. Joko Baroto (Human Resources Division Head at PT. Astra Daihatsu Motor) dan Bpk. Drs. Djoni Topan, M.Si. (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur).

Bapak Joko Baroto menyampaikan 4 pilar CSR Daihatsu yaitu Pintar bersama Daihatsu, Sehat bersama Daihatsu, Hijau bersama Daihatsu dan Sejahtera bersama Daihatsu serta standar rekrutmen Astra Daihatsu yaitu Kesehatan, Technical, Softskill dan Leadership. Sehingga siswa SMK diarahkan untuk memenuhi hal tersebut agar memiliki kepribadian yang siap terjun di dunia industri. Bapak Djoni Topan menyampaikan bahwa untuk mengubah karakter siswa agar terbentuk karakter yang positif sehingga siap guna pasca SMK yaitu melalui budaya sekolah yang dilaksanakan oleh seluruh penghuni sekolah dari Tenaga Administrasi, Guru, Manajemen Sekolah dan Siswa.
                                                                          
Sesi pertama seminar bertajuk "Who are the Millenials" dengan pemapar Ibu Agustina Wulandari (Head Corporate People Development Dept. at PT. Astra International). Disampaikan bahwa 70% bonus demografi pada tahun 2020 - 2030 merupakan usia produktif yang didominasi oleh generasi milenial. Sehingga orang tua, guru, pemerintah dan dunia usaha perlu memahami karakterikstik generasi milenial agar dapat memanfaatkan potensi mereka untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Kehadiran generasi milenial dengan karakteristik yang berbeda adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Generasi milenial harus berkualitas supaya bonus demografi membawa kemajuan untuk Indonesia. Pembelajaran yang efektif hanyalah masalah pemilihan metode yang paling PAS. Perubahan mindset dibutuhkan agar kita dapat mengerti dan berkolaborasi bersama dengan generasi milenial.

Sesi kedua bertajuk "Digital Education" disampaikan dari manajemen Ruang Guru Balikpapan. Zaman Now yang merupakan era Teknologi Informasi, pembelajaran tidak hanya penyampaian guru di dalam kelas tetapi juga sudah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menambah informasi dan pengetahuan siswa. Untuk itu, guru dan siswa dapat memanfaatkan aplikasi Ruang Guru sebagai sarana pembelajaran untuk siswa.