1 2 3 3

06 April 2019

Uji Kompetensi Keahlian Mengasah Kreativitas Siswa


Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan kegiatan ujian tahap akhir bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan ini ditujukan untuk menilai kompetensi keterampilan siswa dalam melaksanakan ujia praktik sesuai dengan kompetensi keahliannya. SMK TI Airlangga Samarinda melaksanakan UKK untuk 3 (tiga) kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Multimedia (MM).

UKK SMK TI Airlangga Samarinda dilaksanakan pada tanggal 1 - 5 April 2019. SMK TI Airlangga ditunjuk sebagai TUK (Tempat Uji Kompetensi) untuk ketiga kompetensi keahlian tersebut oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur karena SMK TI Airlangga telah mendapat SK Kelayakan sebagai tempat TUK. SK Kelayakan ini diberikan kepada sekolah setelah melalui beberapa tahap verifikasi oleh tim yang ditunjuk Dinas Pendidikan.

Penguji UKK terdiri dari penguji internal dan penguju eksternal. Penguji internal adalah guru dari sekolah sendiri yang berkompeten dibidangnga masing-masing. Sedangkan untuk penguji eksternal, sekolah bekerjasama dengan beberapa DU/DI yang terkait dengan bidang uji. Untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, penguji berasal dari DEKA Web & IT Solutions. Informasi tentang DEKA dapat dilihat pada link berikut https://www.deka.co.id/ . Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak , penguji berasal dari Thortech Asia Software.  Informasi tentang Thortech Asia Software dapat dilihat pada link berikut https://thortech.asia/ . Dan kompetensi keahlian Multimedia, penguji berasal dari TVRI Provinsi Kalimantan Timur. Informasi tentang TVRI Provinsi Kalimantan Timur dapat dilihat pada link berikut https://www.facebook.com/FanPageTVRIKaltim/ .

Uji Kompetensi ini melatih kreativitas siswa dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Para siswa RPL berkreativitas dalam membuat aplikasi baik berbasi web maupun desktop sehingga menghasilkan aplikasi yang tidak hanya bagus dalam penampilan juga aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna. Sedangkan siswa MM ditantang lebih kreatif dalam menghasilkan Iklan Layanan Masyarakat dan Poster yang mudah dipahami oleh masyarakat. Kreatifitas siswa TKJ pun dituntut dalam menyelesaikan proyek pengadministrasian jaringan komputer.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan :