1 2 3 3

07 Februari 2023

Bahaya Dampak Rokok bagi Kesehatan, Puskesmas Segiri Kota Samarinda lakukan Skrining Perilaku Merokok Pada Remaja di Sekolah


Hari Senin, 6 Februari 2023, SMK TI Airlangga berkerjasama dengan Puskesmas Segiri Kota Samarinda melakukan Kegiatan Skrining Perilaku Merokok Pada Remaja. Kegiatan berlangsung di Lt. 2 Ruang 402 diikuti suluruh Siswa SMK TI Airlangga Samarinda. Skrining kesempatan ini dipimpin langsung oleh Ibu drg. Rika Novalita bersama tim yaitu Ibu Susanti dan Bpk. Ariston Boby (Tim dari Puskesmas Segiri Kota Samarinda). Tim Sekolah yang mendampingi kegiatan ini yaitu Ibu Zulaiha, S.Pd (selaku koordinator UKS SMK TI Airlangga), Ibu Mira Irawati, S.Pd (Waka. Kesiswaan) dan Ibu Yeni Suryani, S.Pd Gr (PJ. Praktik Kerja Industri).

Peserta didik diminta untuk mengisi kuesioner skrining perilaku merokok yang sudah disediakan oleh tim Puskesmas Segiri sesuai dengan tingkatan kelasnya dengan waktu 10 –15 menit. Setelah peserta didik mengisi kuesioner tersebut, peserta didik akan dipanggil satu persatu untuk mengumpulkan fotocopy Kartu Keluarga (KK), fotocopy BPJS dan diberikan pengetahuan tentang dampak buruk merokok.

Tujuan skrining tersebut menganalisis hubungan pengetahuan tentang dampak buruk merokok, keberadaan perokok di lingkungan sekolah, keberadaan perokok di lingkungan keluarga, dan antar teman dekat perokok pada pelajar.

Bapak Muhammad Yani menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi Siswa, mereka berada di Usia Remaja saat ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak yang sangat positif kepada seluruh Siswa. Maanfaat pemahaman baik terhadap dampak merokok bukan hanya untuk saat ini tapi sampai mereka masuk di Masyarakat dan berkeluarga. Terimakasih Puskesmas Segiri Kota Samarinda yang senantiasa mendampingi dan memberikan kegiatan Kesehatan di Sekolah kami.