1 2 3 3

10 November 2023

Implementasi Supervisi KBM di SMK TI Airlangga

Supervisi merupakan kegiatan menilai dan membina guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran agar kompetensi peserta didik mencapai hasil yang optimal. Secara umum, supervisi yang berarti proses membimbing, memantau, dan menilai kemajuan guru dan akademik siswa untuk membantu mereka mencapai tujuan pendidikan. Hal ini mencakup perencanaan, pemberian bimbingan, umpan balik, dan dukungan selama proses pembelajaran untuk memastikan bahwa peserta didik dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan.

Terdapat beberapa hal supervisi ini harus dilakukan karena memiliki tujuan dan harapan sebagai berikut:
1). Supervisi dilaksanakan untuk membantu guru meningkatkan kemampuan profesionalnya, yang mencakup pengetahuan akademik, pengelolaan kelas, keterampilan proses pembelajaran dan dapat menggunakan semua kemampuannya ini untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas bagi peserta didik. 

2). Supervisi dilakukan untuk memeriksa atau memastikan atau memastikan proses pembelajaran di sekolah berjalan sesuai ketentuan dan tujuan yang ditetapkan. Kegiatan pengawasan ini dapat dilakukan melalui kunjungan ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan peserta didik. 

3). Supervisi dilakukan untuk mendorong guru meningkatkan kompetensinya, melaksanakan tugas mengajarnya dengan lebih baik dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan, dan memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru.

Dalam hal ini, SMK TI Airlangga telah melaksanakan supervisi kegiatan belajar mengajar kepada Dewan Guru yang dimulai pada 6 - 10 November 2023, dengan supervisor yakni Muhammad Yani, S.Kom., M.TI , Isman Mustamin, S.Kom., Gr, dan Chori Masitah, S.Pd., Gr. Berikut Jadwal supervisi yang telah di laksanakan beserta beberapa dokumentasi pelaksanaan. 

Jadwal Pelaksanaan Supervisi oleh Supervisor

Dok. Supervisi dari bapak Thoriq Raihan selaku Guru Produktif jurusan DKV

Dok. Supervisi dari bapak Muhammad Imron, S.Pd. selaku Guru Produktif jurusan MPLB