Upskilling dan Reskilling Manajerial bagi Kepala SMK Berstandar Industri Tahun 2023

Dok. Kegiatan Upskilling dan Reskilling Manajerial
Kepala SMK Berstandar Industri Tahun 2023

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV) menyelenggarakan Upskilling dan Reskilling Manajerial Kepala SMK Berstandar Industri Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan secara luring (Tatap muka langsung) selama 7 Hari yakni Tanggal 29 Oktober – 04 November 2023 di Hotel Redtop Jakarta Pusat. Sasaran Program bagi Kepala SMK yang diikuti sebanyak 136 Kepala SMK yang dibagi menjadi 7 Kelas. Program ini dibuka langsung oleh Direktur SMK Bapak Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd didampingi oleh Bapak. Sabli, S.H., M.H Kepala BBPPMPV. 

Tujuan Program Upskilling dan Reskilling yaitu memahami pentingnya perubahan pola pikir dalam memimpin Sekolah, Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, mengenali Aset based thinking dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, implementasi Teaching Factory (TeFa), kemampuan berbahasa Inggris dan menyusun rencana tindak lanjut (RTL). Hadir langsung sebagai Peserta Program Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I Kepala SMK TI Airlangga Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Bapak Muhammad Yani menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik sekali, kami belajar bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan, pengelolaan dan perubahan pola pikir, keterampilan berbahasa Inggris, supervisi Akademik dan Manajerial dan pengelolaan sumber daya pembelajaran, perancaan Sekolah, budaya kerja, penyelenggaraan Pembelajaran (TeFa). Kami juga diberikan kesempatan untuk melakukan Visitasi Industri. Setiap kelas telah memiliki lokasi Industri yang telah ditetapkan oleh Panitia, SMK TI Airlangga mendapat jadwal Visitasi ke SMK Negeri 1 Cibinong Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Ada 3 Video refleksi yang didokumentasi di Channel Youtube Bapak Muhammad Yani.

Video Refleksi Hari 1 s.d 3
https://www.youtube.com/watch?v=SVUNLNPXt1M&t=36s

Video Visitasi Industri Implementasi TeFa
https://www.youtube.com/watch?v=5v3AJg6jKk0&t=39s

Video Penutupan Kegiatan Upskiling dan Reskilling
https://www.youtube.com/watch?v=J9- x6zqe69M&t=19s

Pesan Bpk. Kepala BBPPMPPV memberikan pesan kepada seluruh peserta, tanyakan hal ini kepada Bpk/Ibu Guru: 
1. Bagaimana yg Bapak/Ibu ketahui dapat diikuti oleh Peserta Didik 
2. Bagaimana Bapak/Ibu mengetahui Peserta telah memahami yang telah diajarkan
3. Bagaimana respon Bapak/Ibu melihat Peserta Didik yang tidak ada keinginan belajar
4. Bagaimana Bapak/Ibu mengolah Peserta Didik yang sudah mahir 
5. Bagaimana Bapak/Ibu mengimplementasikan Kurikulum 
6. Bagaimana Bapak/Ibu memahami Link and Match Industri 
7. Bagaimana Bapak/Ibu melakukan Supervisi Manajerial 
8. Bapak/Ibu wajib melakukan Penjaminan Mutu di Satuan Pendidikan melalui Rapor Pendidikan 
9. Bagaimana Bapak/Ibu melakukan Penelusuran Tamatan Alumni/Tracer Study 

Pada hari terakhir Program, kami mendapat arahan dari Fasilitator kegiatan untuk melaksanakan RTL yang akan dilaksanakan di Sekolah masing-masing dengan periode waktu November - Desember 2023. Karya RTL diunggah ke dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

advertise