1 2 3 3

08 Desember 2023

Bersama Bidang Pembinaan GTK Disdikbud Kaltim, SMK TI Airlangga Samarinda mengikuti Kunjungan Pembelajaran di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau

Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Kegiatan Kunjungan Pembelajaran pada SMA/SMK/SLB terbaik di Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang dilaksakan pada tanggal 22 s.d 25 November 2023 lalu. Kunjungan Pembelajaran ini merupakan Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Bidang Pembinaan GTK Disdikbud Provinsi Kalimantan Timur. Total ada 53 Peserta Kunjungan Pembelajaran dari Guru dan Kepala Sekolah pada Jenjang SMA, SMK dan SLB dari Wilayah Kalimantan Timur.

Kunjungan Pembelajaran didampingi langsung bersama Bapak. Armin, S.Pd (Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdikbud Kaltim) dan Ibu Farida Ariyani Nur (Pengembang Teknologi Pembelajaran/Sub Koordinator PTK SMK) beserta Jajaran Bidang Pembinaan GTK Kaltim. Saat Sambutan Bpk. Armin menyampaikan kami membersamai 53 Peserta dari Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah 3 Terbaik dari Kegiatan Lomba dan Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan GTK Kaltim. Apresiasi ini diberikan oleh GTK Disdikbud Prov. Kaltim berdasarkan hasil seleksi tim GTK Kaltim. Silahkan potret hal-hal Positif dari Kunjungan Belajar ini, agar dapat dipelajari dan dapat dilanjutkan di Sekolahnya masing-masing.

Hadir Bpk. Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I bersama Bpk. Hanif Aulia, S.Kom sebagai peserta Kunjungan Pembelajaran dari SMK TI Airlangga Samarinda.

Kunjungan 1, dimulai di SMA Negeri 20 Batam. Kami disambut baik dan hangat oleh Kepala Sekolah Bpk Andi Saputra beserta tim SMA Negeri 20 Batam. Sesi ini, SMA Negeri 20 Batam menyampaikan Program Unggulan Sekolahnya, terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka. SMA Negeri 20 juga merupakan Sekolah Penggerak Angkatan 2 di Kota Batam. 

Kepala SMA Negeri 20 Batam menjelaskan Strategi Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Blog Guru, Pembelajaran berbasis Pengatur Grafis, Pembelajaran dengan Metode rolling tempat duduk Stasiun. Prestasi-prestasi dari Kegiatan Ekstrakurikuler. Proyek sebagai salah satu Syarat Kelulusan Kelas XII, proyek ini dikerjakan berkelompok dan ada pembimbing setiap Kelompoknya. Proposal Proyek menggunakan Google Doc menggunakan akun belajar.id.

Berikut liputan Esklusif melalui Channel Youtube Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I :

Pada Sesi Diskusi, ada beberapa penjelasan yang diberikan terkait dari pertanyaan Peserta antara lain: Setiap Siswa memiliki Portofolio Digital sebagai Penilaian Belajar Sumatif Siswa. Pembagian Raport dengan cara Konferensi Orang Tua. Konferensi Orang Tua bertujuan untuk menyampaikan hasil proses pembelajaran Siswa setiap Semester.

Jurnal Karakter : Hal-hal positif yang dilakukan Siswa. Kegiatan Literasi dengan Perpustakaan Digital. Sanksi terlambat dengan Sistem Digital, sanksi dalam bentuk Literasi. Smart Card Id Siswa dapat digunakan untuk Semua Layanan Sekolah. Guru menerima Rapor, peringkat 1 - 3 menerima Reward. Penilaian dari Kehadiran, Supervisi, Perangkat, Sikap. Komunitas belajar setiap hari Jumat. Kunjungan dari pihak luar Sekolah karena Rekomendasi yang didapatkan dari Web Sekolah.

Kunjungan 2, di SLB Kota Batam. Kami disambut dengan sangat baik oleh Kepala Sekolah bersama Tim Manajemen SLB Kota Batam. Para Siswa menampilkan Karya Kesenian mereka menyambut kami. Bapak/Ibu Guru SLB mengantarkan kami untuk melihat langsung proses pembelajaran di Kelas-kelas, Total Siswa SLB berjumlah 280 Siswa. 

Kunjungan 3, di SMK Negeri 5 Batam. Pertemuan di ruang Aula, hadir Bapak Kepala Cabang Dinas Disdikbud Batam Bpk. Kiswanto, Para Wakil Kepala dan Ketua Jurusan SMK Negeri 5 Batam. SMK Negeri 5 Batam saat ini memiliki 11 Kompetensi Keahlian dengan Jumlah Siswa 4.260. Di Aula, kami mendapatkan hal-hal Praktik baik dari SMK Negeri 5 Batam. Selanjutnya, kami tour melihat langsung proses Praktik Pembelajaran di Lab masing-masing Jurusan.