1 2 3 3

04 Desember 2023

Lokakarya Panen Karya Aksi Nyata Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran, Rekoginsi SMK PK Guru Penggerak Tahap 1 Tahun 2024

Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I Kepala SMK TI Airlangga Samarinda mengikuti kegiatan Lokakarya Panen Karya Aksi Nyata Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran di Hotel Movenpick Surabaya selama 3 hari yakni 28 – 30 November 2023. Lokakarya merupakan rangkaian kegiatan Final Rekognisi Guru Penggerak bagi Kepala SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Rekognisi Tahap 1 pada Tahun 2023 ini diikuti oleh Kepala SMK Pusat Keunggulan diseluruh Indonesia yang telah menjalankan program SMK Pusat Keunggulan 3 Tahun.
Kegiatan Lokakarya Kepala SMK PK terlaksana di 4 Region di Indonesia antara lain : Batam, Yogyakarta, Bali dan Surabaya. Lokakarya Panen Karya Region 4 di Surabaya diikuti 129 Peserta dengan penuh semangat. Sebelumnya, kami telah mengikuti Kegiatan Pembelajaran secara daring melalui LMS Guru Penggerak dalam 2 Bulan ini. SMK TI Airlangga terjaring pada Kelas H yang terdiri dari 30 Kepala SMK PK.
Pada Kegiatan Pembukaan, Lokakarya dibuka secara resmi oleh Bpk. Direktur SMK di Ballroom Hotel Movenpick. Dilanjutkan kegiatan Talkshow, Pameran Panen Karya, dan semua Peserta mendapat jadwal untuk melakukan Presentasi Prakarsa Perubahan yang telah disiapkan oleh masing-masing Kepala SMK berupa Slide Presentasi dan Video Prakarsa Perubahan dengan durasi 10 menit Presentasi.

Bapak. Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. menyampaikan dari Lokasi Kegiatan Lokakarya, bahwa kegiatan berjalan lancar dan sukses. Kami semua telah melakukan persiapan secara daring yang dibimbing oleh Fasilitator (Ibu. Sri Rahajoe dan Ibu Tutus Ernawati). Selain itu, kami juga banyak belajar dari hasil diskusi dari Pengalaman Peserta Rekognisi. Kami telah mengikuti 4 Modul yang sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai Kepemimpinan Pembelajaran, pada Modul terakhir Koneksi antar Materi kami juga dibimbing untuk membuat Prakarsa Perubahan menggunakan Framework ATAP-BAGJA. Framework ini sangat baik sekali, pelajaran yang kami dapatkan terkait bagaimana proses investivigasi, tindakan bersama dan akhirnya kami mendapatkan temuan sebagai Langkah kami untuk dapat mewujudkan mimpi terhadap Prakarsa Perubahan.

Bapak Muhammad Yani bersama SMK TI Airlangga Samarinda mengajukan Prakarsa Perubahan yaitu "Mengembangkan Karakter Wirausaha bagi Peserta Didik". Pada Kegiatan Penutupan disampaikan beberapa arahan dari Panitia terkait Keberhasilan seluruh rangkaian Rekognisi Guru Penggerak bagi Kepala SMK PK, selamat dan sukses kepada seluruh Panitia, para Peserta dan para Fasilitator yang sukses mendampingi seluruh peserta hingga memiliki Prakarsa perubahan yang sangat positif bagi Sekolah. 
Demikian, semoga kegiatan akhir Rekognisi Guru Penggerak ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Hormat kami SMK TI Airlangga sebagai SMK Pusat Keunggulan sektor Ekonomi Kreatif di Samarinda.