1 2 3 3

23 April 2024

SMK TI Airlangga Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini untuk Menjadi Generasi Millenial Tangguh di Era Digitalisasi

Dok. Bersama Perwakilan Dewan Guru & Tim Manajemen
beserta Siswi Kelas X, XI & XII

Tanggal 21 April ini merupakan momentum istimewa bagi kaum perempuan Indonesia. Peringatan Hari Kartini merupakan hari yang diperuntukkan sebagai bentuk penghormatan kepada Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau R.A Kartini, pahlawan perempuan dan pejuang emansipasi wanita di Indonesia. Wanita yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879, ini dikenal sebagai wanita yang mempelopori kesetaraan antara wanita dan laki-laki di Indonesia. Kartini menilai bahwa perempuan juga memiliki hak dan kapabilitas yang sama untuk melakukan apa yang saat itu hanya bisa dilakukan laki-laki.
Kecerdasan dan keberanian Kartini menjadikannya sebagai sosok perempuan yang disegani dan dihormati. Hasil pemikiran, perlawanan, dan perjuangannya di masa lalu tak lekang oleh waktu. Bahkan, dapat meninggalkan makna yang kuat bagi perempuan-perempuan di masa kini.

Hari Kartini boleh jadi dimaknai setiap orang dengan cara berbeda. Termasuk di SMK TI Airlangga Samarinda ini memaknai peringatan ini dengan turut serta menggunakan pakai kebaya yang selaras dan dipadukan dengan kain batik, dan mengikuti rangkaian upacara untuk mengenang para pahlawan termasuk RA. Kartini. 

Dan tidak lupa juga terdapat amanat dari Kepala Sekolah Bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. saat Upacara Bendera Memperingati Hari Kartini menyampaikan "hari ini menjadi momentum bagi diri kita semua untuk melakukan refleksi dari Semangat Ibu Raden Ayu Kartini. Beliau merupakan Pahlawan Nasional yang sangat inspiratif. Beliau berjuang agar hak-hak Perempuan tidak dibedakan, terutama dalam kesempatan untuk menuntut ilmu. 

Pada dasarnya, Hari Kartini menjadi sebuah peringatan untuk kaum perempuan agar dapat terus bersinar, percaya diri, dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-citanya. Dengan melakukan hal-hal positif, dan senantiasa menggali potensi diri yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, perlu senantiasa dilakukan demi meningkatkan kualitas diri seorang perempuan. Oleh karena itu, temukan satu hal yang paling kita sukai dan lakukanlah sesering mungkin. Apabila di awal sudah tercipta kepercayaan diri, maka akan lebih mudah m  enjalankan semuanya dengan lebih positif untuk meraih hasil yang positif pula. 

Kita sangat bersyukur, Guru dan seluruh Siswa SMK TI Airlangga sama-sama bersemangat merayakan hari Kartini dengan menggunakan Seragam Kebaya bagi yang Putri dan Batik bagi yang Putra.  Hikmah yang dapat kita petik antara lain Semangat Kartini masa kini, inspiratif, kreatif dan inovatif dalam berkarya".

Diakhir Upacara Bendara, Bapak Kepala Sekolah mengajak seluruh Siswi dan Guru untuk Foto Bersama.